Monday, December 19, 2016

Pengertian Human Resource Management

human-resource-management

Human Resource Management/Manajemen Sumber Daya Manusia didefinisikan sebagai pendekatan strategis dan koheren untuk pengelolaan aset paling berharga yang dimiliki organisasi yaitu orang-orang yang bekerja di sana yang secara individual dan kolektif berkontribusi pada pencapaian tujuan.

Tujuan utama dari Human Resource Management adalah untuk memastikan bahwa organisasi mampu mencapai keberhasilan melalui orang.
Baca jugaJenis-Jenis Sistem Informasi di Indonesia

Langkah-langkah implementasi Human Resource Management:


Terdiri dari 5 langkah dasar, Procurement (Pengadaan), Development (pengembangan), Integtrasi, Maintenance, Pemisahan Kerja.

Procurement (pengadaan). Langkah ini bertujuan menentukan dan memenuhi kebutuhan akan sumber daya manusia, baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Di dalamnya meliputi :

  1. Perencanaan Sumber Daya Manusia. penentuan kebutuhan tenaga kerja baik secara kuantitatif maupun kualitatif.
  2. Penarikan/perekrutan calon tenaga kerja (recruitment). Menarik sebanyak mungkin calon-calon tenaga kerja yang memenuhi pernyaratan yang dibutuhkan dari sumber-sumber tenaga kerja yang tersedia.
  3. Seleksi (selection). Merupakan proses pemilihan tenaga kerja dari sejumlah calon tenaga kerja yang dikumpulkan melalui proses recruitment.
  4. Penempatan (placement). Penempatan tenaga kerja yang terpilih pada jabatan yang ditentukan.
  5. Pembekalan (orientation) . Dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada tenaga kerja terpilih tentang deskripsi jabatan, kondisi kerja, dan peraturan organisasi.


Development. Langkah ini bertujuan untuk meningkatkan dan mengembangkan kemampuan SDM yang telah dimiliki, sehingga tidak akan tertinggal oleh perkembangan organisasi serta ilmu pengetahuan dan teknologi. Pengembangan disini meliputi:

a. Pelatihan dan Pengembangan (Training and Development).
Adalah upaya untuk meningkatkan prestasi manajemen pada saat sekarang atau di masa yang akan datang dengan pengetahuan, merubah sikap atau meningkatkan ketrampilan dan kualitas sumber daya manusia.

Perbandingan Pelatihan dan Pengembangan

No Pembeda Pelatihan Pengembangan
1 Fokus Aspek Kemampuan spesifik yg relative sempit Aspek kapasitas dalam setiap penugasan
2 Jangka Waktu Pendek Panjang
3 Tujuan Dapat menunaikan pekerjaan saat ini Dapat menangani berbagai penugasan di masa yang akan datang
4 Hasil Langsung dan Cepat Tidak Langsung
5 Pengukuran Efektivitas Penilaian kerja, analisis biaya, tes kelulusan dan sertifikasi SDM yang siap ditugaskan, promosi keunggulan kompetitif
b. Pengembangan Karir (Career Development).
Adalah suatu kondisi yang menunjukkan adanya peningkatan-peningkatan status seseorang dalam suatu organisasi yang bersangkutan. Usaha pemberian balas jasa atas prestasi yang telah diberikan oleh tenaga kerja.

Manfaat Pengembangan Karir:
1. Meningkatkan kemampuan karyawan
2. Meningkatnya suplay karyawan yang berkemampuan
3. Kompensasi Jabatan (Job Compensation)

Integrasi. Langkah ini bertujuan untuk Menciptakan kondisi integrasi atau persamaan kepentingan antar tenaga kerja dengan organisasi yang menyangkut masalah motivasi, kepemimpinan, komunikasi, konflik dan konselling.

Maintenance. Langkah ini bertujuan untuk memelihara keutuhan sumber daya manusia yang dimiliki. Wujudnya berupa rasa betah, nyaman, dan aman sehingga mempunyai kemauan untuk bekerja dengan sebaik-baiknya pada organisasi.

Pemutusan Kerja. Langkah ini bertujuan untuk apabila ada karyawan yang terjerat kasus berat seperti, pidana (narkoba,pencurian,pembunuhan,dll) maka perusahaan/organisasi layak untuk melakukan pemutusan kerja agar tidak berdampak ke karyawan yang lain, terutama dalam kasus narkoba.

Manfaat Human Resource Management


Analisa Jabatan
untuk mendapatkan informasi mengenai suatu jabatan dan syarat-syarat yang diperlukan untuk dapat memegang jabatan tersebut dengan baik. Melalui analisis jabatan, akan diketahui berapa posisi/jabatan yang seharusnya ada dalam suatu organisasi dan kemampuan apa yang dibutuhkan oleh pemegang jabatan.
Penilaian Prestasi Kerja
Audit sumber daya manusia (SDM) merupakan penilaian dan analisis komprehensif terhadap program-program audit. Audit SDM juga diartikan sebagai pemeriksaan kualitas kegiatan Sumber Daya Manusia secara menyeluruh dalam suatu departemen, divisi atau perusahaan, dalam arti mengevaluasi kegiatan-kegiatan SDM dalam suatu perusahaan dengan menitikberatkan pada peningkatan atau perbaikan
Evaluasi Jabatan
proses menentukan nilai relatif sebuah jabatan dibandingkan dengan berbagai jabatan lainnya. Tujuan utama evaluasi jabatan adalah untuk menghilangkan ketidakadilan bayaran internal yang disebabkan struktur bayaran yang tidak logis.

Referensi: https://irrineayu.wordpress.com/2015/03/13/manajemen-sumber-daya-manusia-human-resource-departement/


EmoticonEmoticon