Wednesday, December 21, 2016

Pengertian Collaboration Support System (CSS)

collaboration-support-system
Collaboration Support System (CSS) adalah sebuah aplikasi web yang dirancang untuk meningkatkan pengalaman kolaborasi di kalangan karyawan di sebuah perusahaan. Sistem ini dibangun untuk menciptakan kerja sama antar perusahaan agar pekerjaan dapat lebih efisien, karena terjalin kerja sama yang kuat antar karyawan. Collaboration Support System bisa diimplementasikan dengan memberikan bonus kepada karyawanya dengan syarat seperti:

  • Sebuah kelompok divisi yang mampu bekerja sama dengan baik kepada divisi lain, sehingga hubungan antar divisi dapat harmonis sehingga mampu mewujudkan visi dan misi sebuah perusahaan.
  • Memberikan kesempatan untuk divisi lain membantu pekerjaan divisi yang bukan seharusnya. Agar di divisi lain mengerti suatu perkerjaan divisi lain, agar dalam request sesuatu mengerti ruang lingkup divisi lain.

Baca Juga: Jenis-jenis Sistem Informasi di Perusahaan Indonesia

Sistem ini juga memungkinkan meminta layanan dukungan kolaborasi, yang menempatkan kelompok dalam kontak dengan fasilitator kolaborasi. Fasilitator/koordinator biasanya membantuk kelompok dalam melakukan meeting dengan divisi lain, agar dalam setiap divisi dapat bekerja seperti biasa. Dalam pertemuan antar divisi biasanya membahas tentang pengadaan barang-barang, status barang yang digunakan apakah butuh diganti atau tidak, serta trouble-trouble yang menggangu pekerjaan suatu divisi.

Collaboration Support System (CSS) dapat dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

  • Transaction Processing Systems (TPS). TPS berfungsi untuk mencatat dan memproses transaksi-transaksi bisnis. Contoh: sales processing, inventory systems, accounting systems.
  • Process Control Systems (PCS). PCS berfungsi untuk mengawasi dan mengendalikan proses-proses fisik. Contoh: menggunakan sensor-sensor untuk mengawasi proses-proses kimia di pengolahan minyak
  • Enterprise Collaboration Systems (ECS). ECS berfungsi untuk mendukung komunikasi tim dan kelompok kerja. Contoh: email, video conferencing.


Manfaat Collaboration Support System (CSS)


  • Memproses transaksi-transaksi bisnis secara efisien
  • Mengendalikan proses-proses industri
  • Mendukung komunikasi dan kolaborasi
  • Memperbaharui basis data perusahaan



EmoticonEmoticon