Wednesday, January 4, 2017

Tahapan Membuat Keputusan dalam Organisasi

tahapan-membuat-keputusan
Organisasi/Perusahaan pastinya mempunyai decision maker / seorang yang mengambil keputusan untuk kebijakan sebuah perusahaan kedepanya, dalam mengamil keputusan tersebut ada tahapan yang harus diperhatikan oleh decision maker agar keputusan tersebut berhasil dengan tujuan memajukan perusahaan.

Berikut tahapan-tahapan membuat keputusan agar keputusan yang dibuat tidak merugikan perusahaan. terdiri dari 4 tahapan umum, antara lain:

  1. Tahapan penelusuran (intelligence) dimana realitas diuji dan masalah diidentifikasi dan didefinisikan.
  2. Tahapan Perancangan (design) model yang menggambarkan realita dibangun.
  3. Tahapan Pemilihan (choice) termasuk solusi dari model yang diusulkan.
  4. Tahapan Evaluasi

Tahapan Intelijen/penelusuran

Pada tahapan ini desicion maker melakukan Penelusuran penelitian terhadap lingkungan baik rentang waktu atau terus menerus, termasuk kegiatan untuk mengidentifikasi situasi masalah atau keuntungan.
berikut point-point penting dalam tahapan penulusan:

Menemukan masalah.
Identifikasi tujuan dan sasaran organisasi. Masalah muncul karena adanya perbedaan antara apa yang diharapkan (direncanakan) dengan apa yang terjadi. Masalah dalam organisasi dapat dinilai dari pengawasan dan analisa produktivitas organisasi.

Pemecahan Masalah. 
Masalah dapat diartikan sebagai suatu kondisi yang memiliki potensi untuk menimbulkan kerugian yang besar atau menghasilkan keuntungan yang besar. Pemecahan masalah dapat diartikan sebagai tindakan memberi respon terhadap masalah untuk menekan akibat buruknya atau memanfaatkan peluang keuntungannya

Klasifikasi masalah.
Mencoba untuk mengkasifikasikan masalah menjadi katagori yang jelas. Pentingnya klasifikasi untuk menentukan derajat struktur masalah. Dibedakan menjadikan masalah terprogram dan tidak terprogram. Dibedakan menjadikan masalah terprogram dan tidak terprogram.

Baca juga: Tahapan Analisis di SDLC

Tahapan Rancangan

Tahapan perancangan meliputi :

  • Membangun
  • Mengembangkan
  • Menganalisa kemungkinan aksi/tindakan.

Tahapan Pemilihan


Tahapan pemilihan meliputi pencarian,evaluasi dan rekomendasi dari solusi yang tepat untuk model. Solusi untuk model adalah sejumlah harga yang spesifik untuk variabel keputusan dalam alternatif terpilih.
Tahapan pemilihan meliputi pencarian tindakan yang tepat yang akan menyelesaikan masalah sesungguhnya.

Baca Juga: Cara Sistem Analis Memecahkan Masalah

Tahapan Evaluasi

Evaluasi adalah langkah akhir untuk mencapai solusi yang di rekomendasikan. Tahapan ini berfungsi untuk Membantu manajer ketika tidak yakin tentang akurasi atau kepentingan dari informasi atau ketika ingin tahu dampak dari perubahan dalam masukan informasi dari model pada hasil atau mengukur unjuk kerja.

Setelah tahapan-tahapan itu dilaksanakan biasanya Keputusan sering dibuat secara individu, khususnya pada manajerial tingkat bawah dalam organisasi kecil. Kebanyakan keputusan umum dibuat dalam organisasi menengah dan besar,dibuat oleh group atau kelompok. Tetapi sering terjadi konflik oleh karenanya keputusan group sangat rumit, oleh karenanya sistem pendukung komputer (DSS) sangat membantu memfasilitasi pembuat keputusan kelompok (Group).


EmoticonEmoticon