Wednesday, February 22, 2017

Pengertian Sistem Interface

pengertian-sistem-interface
Sistem Interface adalah input dan output yang melibatkan seminimal mungkin bahkan cenderung tidak ada interaksi dengan pengguna, seperti

  • Input dari sistem lain atau output ke sistem lain – bentuk ini merupakan interaksi langsung dengan sistem lain, biasanya dalam bentuk pesan jaringan. Electronic Data Interchange (IDE) dan banyak sistem web lainnya terintegrasi dengan sistem lain melalui pengiriman pesan langsung.
  • Input dan output yang terotomatisasi – data dicatat menggunakan sebuah perangkat seperti scanner atau dihasilkan oleh orang yang memulai proses yang diproses tanpa memerlukan campur tangan manusia lagi.
  • Input dan output ke database eksternal – kondisi dapat memberikan input untuk atau menerima output dari sebuah sistem. Pesan EDI biasanya digunakan, namun interaksi langsung dengan database sistem lain akan lebih efisien.
Baca Juga: Pengertian User Interface

Aktivitas yang dilakukan untuk mendesain input sistem, yaitu :


1. Mengidentifikasi perangkat dan mekanisme yang akan digunakan untuk memasukkan input.
Tugas ini merupakan termasuk metode yang paling up-to-date untuk memasukkan informasi ke dalam sistem. Hampir semua sistem bisnis, end-user menginput data melalui formulir elektronik. Namun, di era teknologi informasi saat ini, ada banyak cara untuk memasukkan informasi ke dalam sistem, diantaranya adalah scanning, reading, dan perangkat transmisi yang lebih cepat, lebih efisien, dan mengurangi kesalahan dari input user.
2. Mengembangkan daftar input sistem yang dibutuhkan, hubungan antara usecase dan system interface.
Rancangan input sistem dan interface harus dipadukan dengan desain software.
3. Menentukan titik kontrol dan tingkat keamanan yang diperlukan untuk input sistem.
Tim proyek harus mengembangkan pernyataan persyaratan kebijakan dan kontrol sebelum memulai mendesain system interface.

Pada dasarnya, desainer dalam merancang sistem interface harus berusaha untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan campur tangan manusia. Selain itu, desainer harus melakukan validasi mekanisme yang dekat dengan sumber data untuk mengurangi keterlambatan pemrosesan.

Semakin sedikit manusia berinteraksi dengan alat input akan membuat kesalahan yang tidak disengaja akan semakin kecil. Untuk itu diperlukan sejumlah alat yang mampu menggantikan interaksi manusia dengan sistem secara langsung. Sejumlah perangkat elektronik dapat membantu atau bahkan menggantikan key stroking manusia, seperti : scanner, layarsentuh, barcode reader, dan kamera digital. Perlu disadari, walaupun sudah menggunakan alat-alat tersebut, kesalahan masih akan dapat terjadi, tetapi akan terminimalisir dikarenakan adanya peluang untuk melakukan penyesuaian dan koreksi.


EmoticonEmoticon