Decision support systems (DSS) atau bisa juga disebut Sistem pendukung keputusan adalah sistem berbasis software yang dimaksudkan untuk membantu manajer dalam pengambilan keputusan dengan mengakses sejumlah besar informasi yang dihasilkan dari berbagai sistem informasi terkait yang terlibat dalam proses bisnis organisasi, seperti sistem automatis kantor, sistem pemrosesan transaksi, dll.
DSS menggunakan ringkasan informasi, pengecualian, pola, dan tren menggunakan model analisis. Sistem pendukung keputusan membantu dalam pembuatan keputusan namun tidak harus memberikan keputusan itu sendiri. Para pengambil keputusan mengumpulkan informasi yang berguna dari data mentah, dokumen, pengetahuan pribadi, dan / atau model bisnis untuk mengidentifikasi dan memecahkan masalah dan membuat keputusan.
Ada dua jenis keputusan - keputusan terprogram dan tidak terprogram.
Keputusan terprogram pada dasarnya adalah proses otomatis, pekerjaan rutin umum, dimana:
Misalnya, memilih tingkat pemesanan ulang untuk persediaan, adalah keputusan terprogram.
Keputusan yang tidak terprogram terjadi dalam situasi yang tidak biasa dan tidak ditangani, jadi:
Misalnya, berinvestasi dalam teknologi baru adalah keputusan yang tidak terprogram.
Sistem pendukung keputusan umumnya melibatkan keputusan yang tidak terprogram. Oleh karena itu, tidak akan ada laporan, isi, atau format yang tepat untuk sistem ini. Laporan dibuat dengan cepat.
Baca Juga: Konsep DSS (Decision Support System)
PT. Telkom membuat suatu aplikasi yang dapat dipergunakan untuk mempermudah perusahaan dalam pengambilan keputusan yang cepat dan akurat yang diambil berdasarkan data dan fakta yang berada di lapangan. Aplikasi yang menggunakan Telkom e-service akan dapat membantu evaluasi pemilihan pengembangan suatu jaringan akses yang tepat yang akan dikembangkan PT. Telkom, karena Telkom e- service berfungsi juga agar hubungan antara PT. Telkom dan customer terjalin.
Dengan adanya Telkom e-service PT. Telkom dapat mengetahui saran-saran yang diberikan oleh customer untuk mengembangkan bisnisnya. Terutama saran tentang Telkom speedy apakah itu melalui saluran wireless (Flexi) atau wireline (Direct Line Cabel). Dengan adanya sistem DSS PT. Telkom dapat cepat menanggapi keluhan-keluhan pelanggan dan pengambilan keputusan dalam perusahaan pun sksn lebih efektif dan efisien. Hal ini memberikan keuntungan bagi PT. Telkom maupun customer.
DSS menggunakan ringkasan informasi, pengecualian, pola, dan tren menggunakan model analisis. Sistem pendukung keputusan membantu dalam pembuatan keputusan namun tidak harus memberikan keputusan itu sendiri. Para pengambil keputusan mengumpulkan informasi yang berguna dari data mentah, dokumen, pengetahuan pribadi, dan / atau model bisnis untuk mengidentifikasi dan memecahkan masalah dan membuat keputusan.
Jenis Keputusan DSS
Ada dua jenis keputusan - keputusan terprogram dan tidak terprogram.
Keputusan terprogram pada dasarnya adalah proses otomatis, pekerjaan rutin umum, dimana:
- Keputusan ini telah diambil beberapa kali.
- Keputusan ini mengikuti beberapa panduan atau peraturan.
Misalnya, memilih tingkat pemesanan ulang untuk persediaan, adalah keputusan terprogram.
Keputusan yang tidak terprogram terjadi dalam situasi yang tidak biasa dan tidak ditangani, jadi:
- Itu akan menjadi keputusan baru.
- Tidak akan ada peraturan yang harus diikuti.
- Keputusan ini dibuat berdasarkan informasi yang tersedia.
- Keputusan ini didasarkan pada kebijaksanaan, naluri, persepsi dan penilaian palungan.
Misalnya, berinvestasi dalam teknologi baru adalah keputusan yang tidak terprogram.
Sistem pendukung keputusan umumnya melibatkan keputusan yang tidak terprogram. Oleh karena itu, tidak akan ada laporan, isi, atau format yang tepat untuk sistem ini. Laporan dibuat dengan cepat.
Atribut DSS (Decision Support System)
- Kemampuan beradaptasi dan fleksibel
- Tingkat Interaktivitas yang tinggi
- Kemudahan penggunaan
- Efisiensi dan efektivitas
- Kontrol penuh oleh pengambil keputusan
- Kemudahan pengembangan
- Dukungan untuk pemodelan dan analisis
- Dukungan untuk akses data
- Standalone, terpadu, dan berbasis web
Karakteristik DSS (Decision Support System)
- Dukungan untuk pengambil keputusan dalam masalah semi terstruktur dan tidak terstruktur.
- Dukung para manajer di berbagai tingkat manajerial, mulai dari eksekutif puncak hingga manajer divisi
- Dukungan untuk individu dan kelompok. Masalah yang kurang terstruktur seringkali membutuhkan keterlibatan beberapa individu dari berbagai departemen dan tingkat organisasi.
- Dukungan untuk keputusan yang saling tergantung atau berurutan.
- Dukungan untuk kecerdasan, desain, pilihan, dan implementasi.
- Dukungan untuk berbagai proses dan gaya keputusan.
Baca Juga: Konsep DSS (Decision Support System)
Manfaat DSS (Decision Support System)
- Meningkatkan efisiensi dan kecepatan pengambilan keputusan.
- Meningkatkan kontrol, daya saing dan kemampuan pengambilan keputusan futuristik dari organisasi.
- Memfasilitasi komunikasi interpersonal.
- Mendorong pembelajaran atau latihan.
- Karena sebagian besar digunakan dalam keputusan yang tidak terprogram, maka menggunakan pendekatan baru dan menetapkan bukti baru untuk keputusan yang tidak biasa.
- Membantu mengotomatisasi proses managerial.
Komponen DSS (Decision Support System)
Berikut adalah komponen Sistem Pendukung Keputusan / Decision Support System:- Database Management System (DBMS): Untuk mengatasi masalah data yang diperlukan bisa berasal dari database internal atau eksternal. Dalam sebuah organisasi, data internal dihasilkan oleh sistem. Data eksternal berasal dari berbagai sumber seperti surat kabar, layanan data online, database (keuangan, pemasaran, sumber daya manusia).
- Model Management System: Ini menyimpan dan mengakses model yang manajer gunakan untuk membuat keputusan. Model seperti itu digunakan untuk merancang fasilitas manufaktur, menganalisis kesehatan keuangan suatu organisasi, meramalkan permintaan akan produk atau layanan, dll.
- Alat Pendukung: Alat pendukung seperti bantuan online; Diagram-Diagram, interface yang mudah digunakan, analisis grafis, mekanisme koreksi kesalahan, memudahkan interaksi pengguna dengan sistem.
Klasifikasi DSS (Decision Support System)
Ada beberapa cara untuk mengklasifikasikan DSS. Hoi Apple dan Whinstone mengklasifikasikan DSS sebagai berikut:- Text Oriented DSS: berisi informasi yang diwakili secara teks yang dapat mempengaruhi keputusan. Hal ini memungkinkan dokumen dibuat secara elektronik, direvisi dan dipandang sesuai kebutuhan.
- Database Oriented DSS: Database memainkan peran utama di sini; Ini berisi data terorganisir dan sangat terstruktur.
- Spreadsheet Oriented DSS: berisi informasi di lembar penyebaran yang memungkinkan pembuatan, pengamatan, modifikasi pengetahuan prosedural dan juga menginstruksikan sistem untuk menjalankan instruksi mandiri. Alat yang paling populer adalah Excel dan Lotus 1-2-3.
- Solver Oriented DSS: didasarkan pada pemecah, yang merupakan algoritma atau prosedur yang ditulis untuk melakukan perhitungan tertentu dan jenis program tertentu
- Rules Oriented DSS: mengikuti prosedur tertentu yang diadopsi sebagai peraturan.
- Compound DSS: dibangun dengan menggunakan dua atau lebih dari lima struktur yang dijelaskan di atas.
Tipe-tipe DSS (Decision Support System)
- Status Inquiry System: membantu dalam mengambil keputusan manajemen tingkat operasional, manajemen, atau tingkat menengah, misalnya jadwal kerja harian ke mesin atau mesin ke operator.
- Data Analysis System: analisis komparatif dan penggunaan rumus atau algoritma, misalnya analisis arus kas, analisis persediaan dll.
- Information Analysis System: Dalam sistem ini data dianalisis dan laporan informasi dihasilkan. Misalnya, analisis penjualan, sistem piutang dagang, analisis pasar dll.
- Accounting System: Melacak informasi akuntansi dan keuangan, misalnya, akun akhir, piutang, hutang akun, dll yang melacak aspek utama bisnis.
- Model Based System: Model simulasi atau model optimasi yang digunakan untuk pengambilan keputusan jarang digunakan dan menciptakan panduan umum untuk operasi atau manajemen.
Contoh kasus aplikasi Decision support systems (DSS)
PT. Telkom membuat suatu aplikasi yang dapat dipergunakan untuk mempermudah perusahaan dalam pengambilan keputusan yang cepat dan akurat yang diambil berdasarkan data dan fakta yang berada di lapangan. Aplikasi yang menggunakan Telkom e-service akan dapat membantu evaluasi pemilihan pengembangan suatu jaringan akses yang tepat yang akan dikembangkan PT. Telkom, karena Telkom e- service berfungsi juga agar hubungan antara PT. Telkom dan customer terjalin.
Dengan adanya Telkom e-service PT. Telkom dapat mengetahui saran-saran yang diberikan oleh customer untuk mengembangkan bisnisnya. Terutama saran tentang Telkom speedy apakah itu melalui saluran wireless (Flexi) atau wireline (Direct Line Cabel). Dengan adanya sistem DSS PT. Telkom dapat cepat menanggapi keluhan-keluhan pelanggan dan pengambilan keputusan dalam perusahaan pun sksn lebih efektif dan efisien. Hal ini memberikan keuntungan bagi PT. Telkom maupun customer.
EmoticonEmoticon