Thursday, August 3, 2017

Pengertian Sistem Informasi Manajemen

pengertian-sistem-informasi-manajemen
Management Information System atau Sistem Informasi Manajemen merupakan implementasi dari sistem dan prosedur organisasi. Untuk seorang programmer tidak lain adalah struktur file dan pemrosesan file. Namun, ini melibatkan lebih banyak kompleksitas.

Pengertian Sistem Informasi Manajemen


Tiga komponen Sistem Informasi Manajemen memberikan definisi yang lebih lengkap dan terfokus, dimana Sistem menyarankan integrasi dan pandangan holistik, Informasi merupakan singkatan dari data yang diproses, dan Manajemen adalah pengguna akhir, para pengambil keputusan.

Sistem informasi manajemen dapat dianalisis sebagai berikut:

Sistem
Data diolah menjadi informasi dengan bantuan suatu sistem. Sistem terdiri dari input, processing, output dan feedback

Informasi
Informasi, dalam Sistem Informasi Manajemen, berarti data yang diproses yang membantu manajemen dalam perencanaan, pengendalian dan operasi. Data berarti semua fakta yang timbul dari operasi yang menjadi perhatian. Data yang diolah tercatat, dirangkum, dibandingkan dan akhirnya dipresentasikan kepada manajemen berupa laporan

Manajemen
Manajemen mencakup perencanaan, pengendalian, dan administrasi operasi yang menjadi perhatian. Manajemen puncak menangani perencanaan; Manajemen menengah berkonsentrasi pada pengendalian; Dan manajemen yang lebih rendah berkaitan dengan administrasi sebenarnya.

Dengan demikian Sistem Informasi Manajemen berarti sebuah sistem untuk memproses data agar memberikan informasi yang benar/valid kepada manajemen untuk menjalankan fungsinya.

Manfaat dan Tujuan Sistem Informasi Manajemen


Tujuan Sistem Informasi Manajemen adalah untuk menerapkan struktur organisasi dan dinamika perusahaan untuk tujuan mengelola organisasi dengan cara yang lebih baik dan menangkap potensi sistem informasi untuk keunggulan kompetitif.

Berikut adalah tujuan dasar Sistem Informasi Manajemen:

  • Menangkap Data - Menangkap data kontekstual, atau informasi operasional yang akan berkontribusi dalam pengambilan keputusan dari berbagai sumber internal dan eksternal organisasi.
  • Pengolahan Data - Data yang diambil diolah menjadi informasi yang dibutuhkan untuk perencanaan, pengorganisasian, koordinasi, pengarahan dan pengendalian fungsi pada tingkat strategis, taktis dan operasional. Pengolahan data berarti: Membuat perhitungan dengan data, Menyortir data, Mengklasifikasikan data dan Meringkas data
  • Penyimpanan Informasi - Informasi atau data yang diproses harus disimpan untuk penggunaan selanjutnya.
  • Retrieval Informasi - Sistem harus dapat mengambil informasi ini dari penyimpanan sebagaimana dan bila dibutuhkan oleh berbagai pengguna.
  • Informasi Propagasi - Informasi atau produk jadi dari Sistem Informasi Manajemen harus diedarkan kepada penggunanya secara berkala dengan menggunakan jaringan organisasi.
Baca Juga: Metedologi Pengembangan Sistem

Karakteristik Dasar Sistem Informasi Manajemen


Berikut adalah karakteristik dari Sistem Informasi Manajemen:

  • harus bekerja sebagai sistem yang lengkap dan komprehensif yang mencakup semua sub-sistem interkoneksi dalam organisasi.
  • harus direncanakan dengan cara top-down, karena pengambil keputusan atau manajemen harus secara aktif mengambil bagian dan memberikan arahan yang jelas pada tahap pengembangan sistem informasi manajemen
  • harus didasarkan pada kebutuhan informasi strategis, operasional dan taktis dari manajer suatu organisasi.
  • harus dapat membuat prakiraan dan perkiraan, dan menghasilkan informasi lanjutan, sehingga memberikan keunggulan kompetitif. Pengambil keputusan dapat mengambil tindakan berdasarkan prediksi tersebut.
  • harus menciptakan keterkaitan antara semua sub sistem di dalam organisasi, sehingga pengambil keputusan dapat mengambil keputusan yang tepat berdasarkan persamaan pandangan 
  • memungkinkan arus informasi yang mudah melalui berbagai sub-sistem, sehingga menghindari redundansi dan duplikasi data. Ini harus menyederhanakan operasi dengan kepraktisan sebanyak mungkin.
  • Meskipun Sistem Informasi Manajemen adalah sistem yang terintegrasi dan lengkap, namun harus dibuat sedemikian fleksibel sehingga mudah dipecah menjadi sub sistem yang lebih kecil seperti dan bila diperlukan.
  • Database utama adalah tulang punggung sistem informasi manajemen yang dibangun dengan baik.


Karakteristik Sistem Informasi Manajemen Berbasis Komputer


Berikut adalah karakteristik Sistem Informasi Manajemen Berbasis terkomputerisasi yang dirancang dengan baik:

  • harus bisa mengolah data secara akurat dan dengan kecepatan tinggi, menggunakan berbagai teknik seperti riset operasi, simulasi, heuristik, dll.
  • harus dapat mengumpulkan, mengatur, memanipulasi, dan memperbarui data mentah dalam jumlah besar baik yang terkait maupun yang tidak terkait, yang berasal dari berbagai sumber internal dan eksternal pada periode waktu yang berbeda.
  • harus memberikan informasi real time mengenai kejadian yang sedang berlangsung tanpa ada penundaan.
  • harus mendukung berbagai format output dan mengikuti peraturan dan peraturan terbaru dalam praktik.
  • harus menyediakan informasi yang terorganisir dan relevan untuk semua tingkat manajemen: strategis, operasional, dan taktis.
  • harus mengarah pada fleksibilitas yang ekstrim dalam penyimpanan dan pengambilan data.



EmoticonEmoticon