Tuesday, August 29, 2017

Dasar-Dasar Syntax Pemrograman

sintax dasar
Sebelumnya kita membahas tentang Environment Pemrograman, Sekarang mari kita mulai dengan sedikit coding  yang benar-benar akan membuat anda sebagai seorang software engineer atau programmer. Menulis sebuah program komputer single-line untuk pemula biasanya dinamakan "Hello, World!". Berikut kita bahas Hello World! menggunakan bahasa pemrograman yang berbeda.

Hello World! di bahasa C


Untuk mencoba-coba disarankan anda menggunakan kompiler online bahasa C di "CodeChef" atau "Jdoodle"

Untuk sebagian besar contoh yang diberikan dalam tutorial ini, Anda mengkopi source code nya lalu di pastekan di kompiler online yang disebutkan di atas.

Cobalah untuk mengubah konten di dalam printf (), yaitu mengetik segala sesuatu di tempat Hello World! Dan kemudian periksa hasilnya.

#include <stdio.h>

main() {
   /* printf() function to write Hello, World! */
   printf( "Hello, World!" );
}
Program Hello World! ini akan membantu kita memahami berbagai konsep dasar yang terkait dengan Pemrograman C.

Program Entry Point
Setiap program C dimulai dengan main (), yang disebut fungsi utama, dan kemudian diikuti oleh penjepit keriting kiri. Sisa instruksi program ditulis antara dan akhirnya penjepit kurawal kanan mengakhiri program.

Functions
Fungsi adalah unit program kecil dan mereka terbiasa melakukan tugas tertentu. Sebagai contoh, program di atas menggunakan dua fungsi: main() dan printf(). Di sini, fungsi main() menyediakan entry point untuk eksekusi program dan fungsi printf lainnya () digunakan untuk mencetak informasi di layar komputer.

Anda dapat menulis fungsi Anda sendiri yang akan kita lihat di bab terpisah, namun pemrograman C sendiri menyediakan berbagai fungsi built-in seperti main(), printf(), dll, yang dapat kita gunakan dalam program kita berdasarkan kebutuhan kita.

Comments
Program C dapat memiliki pernyataan yang disertakan di dalam /*.....*/. Pernyataan seperti itu disebut Comments, dan Comments digunakan untuk membuat program user friendly dan mudah dimengerti.

Whitespaces
Saat kita menulis sebuah program menggunakan bahasa pemrograman, kita menggunakan berbagai karakter yang dapat dicetak. Karakter yang dapat dicetak ini adalah a, b, c,......z, A, B, C,.....Z, 1, 2, 3,...... 0, !, @, #, $, %, ^, &, *, (, ), -, _, +, =, \, |, {, }, [, ], :, ;, <, >, ?, /, \, ~. `. ", '.

Bagian dari karakter ini, ada beberapa karakter yang sering kita gunakan namun tidak terlihat dalam program Anda dan karakter ini adalah spasi, tab (\t), baris baru (\n). Karakter ini disebut Whitespaces

Whitespace adalah istilah yang digunakan di C untuk menggambarkan kosong, tab, karakter baris baru, dan komentar. Jadi Anda bisa menulis printf ("Hello, World!"); Tidak berguna dan compiler akan mengabaikannya pada saat kompilasi. Seperti yang ditunjukan di bawah ini.
#include <stdio.h>

main() {

   /* printf() function to write Hello, World! */
   
   printf(    "Hello, World!"      );
   
}
Jika kita membuat semua karakter spasi ini terlihat, maka program di atas akan terlihat seperti ini dan kita tidak akan bisa mengkompilasinya
#include <stdio.h>\n
\n
main()\n
{
\n
\t/* printf() function to write Hello, World! */
\n 
\tprintf(\t"Hello, World!"\t);\n
\n
}\n
Semicolons
Setiap pernyataan individu dalam Program C harus diakhiri dengan titik koma (;), misalnya, jika Anda ingin menulis "Hello, World!"  dua kali, maka akan ditulis sebagai berikut


#include <stdio.h>

main() {
   /* printf() function to write Hello, World! */
   printf( "Hello, World!n" );
   printf( "Hello, World!" );
}
Syntax Error
Jika Anda tidak mengikuti aturan yang ditentukan oleh bahasa pemrograman, maka pada saat kompilasi, Anda akan mendapatkan Syntax Error yang dimana ini sangat di benci oleh programmer. Dari sudut pandang sintaks, bahkan satu titik atau koma atau titik koma tunggal penting dan Anda harus mengurus sintaks kecil tersebut juga. Dalam contoh berikut, kita telah melewatkan titik koma, mari kita mencoba untuk mengkompilasi program dibawah

#include <stdio.h>

main() {
   
   printf("Hello, World!")
   
}
Maka Syntax Error yang muncul adalah


main.c: In function 'main':
main.c:7:1: error: expected ';' before '}' token
 }
 ^

Jadi intinya adalah jika Anda tidak mengikuti sintaks yang benar yang ditentukan oleh bahasa pemrograman dalam program Anda, maka Anda akan mendapatkan kesalahan sintaks. Anda harus memperbaikinya dan kemudian melanjutkan kebagian selanjutnya.

Baca Juga: Tutorial Dasar Menjadi Programmer

Hello World dalam Java

Berikut ini adalah program Hello World! yang ditulis dalam bahasa Java

public class HelloWorld { 
   public static void main(String []args) {
      /* println() function to write Hello, World! */
      System.out.println("Hello, World!");     
   }
}

Hello World dalam Python

Berikut ini adalah program Hello World! yang ditulis dalam bahasa Python

#print function to write Hello, World! */
print "Hello, World!"

Harap Anda catat bahwa untuk contoh C dan Java, pertama kita menyusun program dan kemudian menjalankan binari yang dihasilkan, namun dengan program Python, kita langsung menjalankannya. Seperti yang telah kami jelaskan di bab sebelumnya, Python adalah nterpreted language dan tidak memerlukan compiler

Python tidak memerlukan titik koma (;) untuk mengakhiri sebuah pernyataan, namun sebuah baris baru selalu berarti penghentian pernyataan tersebut.


EmoticonEmoticon