Monday, August 28, 2017

Pengertian Programming Environment

Meskipun Environment Setup bukan merupakan elemen dari setiap Bahasa Pemrograman, ini adalah langkah pertama yang harus diikuti sebelum memulai untuk menulis sebuah program.

Kita perlu menyiapkan perangkat lunak yang diperlukan, yaitu instalasi di PC kita yang akan digunakan untuk menulis program komputer, meng Compile, dan menjalankannya. Misalnya, jika Anda perlu menggunakan Internet, maka Anda memerlukan penyiapan berikut pada perlengkapan anda:

  • Koneksi Internet yang berfungsi untuk terhubung ke Internet
  • Browser Web seperti Internet Explorer, Chrome, Safari, dll.


Berikut adalah Environment utama yang dibutuhkan sebelum anda memulai mengoding software:

  • Text Editor untuk membuat program komputer
  • Kompiler untuk mengkompilasi program menjadi format biner.
  • Interpreter untuk menjalankan program secara langsung.

Jika Anda tidak memiliki dasar dasar perangkat software komputer, anda akan sulit dalam menggunakan software-software tersebut. kami sarankan Anda mengambil bantuan dari orang teknis manapun di sekitar Anda untuk menyiapkan environment tersebut, sehingga anda tinggal menggunakannya. Berikut kita akan bahas satu persatu dari software yang dibutuhkan.


Text Editor

Text editor adalah software yang digunakan untuk menulis program komputer. Dalam setiap OS pasti terdapat text editor seperti 'Notepad', yang dapat digunakan untuk mengetikkan program. Berikut adalah tampilan dasar dari notepad:

Anda dapat menggunakan perangkat lunak ini untuk mengetikkan program komputer Anda dan menyimpannya dalam file di lokasi manapun. Anda bisa mendownload dan menginstal editor bagus lainnya seperti Notepad ++, Sublime, dll yang tersedia secara gratis.

Baca Juga: Tutorial Dasar Menjadi Programmer

Jika Anda adalah pengguna Mac, Anda akan memiliki TextEdit atau Anda dapat menginstal beberapa editor komersial lainnya seperti BBEdit

Compiler

Anda menulis program komputer menggunakan bahasa pemrograman favorit Anda dan menyimpannya dalam file teks yang disebut file program.

Sekarang mari kita mencoba untuk mendapatkan sedikit lebih detail tentang bagaimana komputer memahami sebuah program yang ditulis oleh Anda menggunakan bahasa pemrograman. Sebenarnya komputer tidak bisa mengerti program anda secara langsung diberikan dalam format teks, jadi kita perlu mengonversi program ini dalam format biner, yang bisa dimengerti oleh komputer.

Konversi dari program teks ke file biner dilakukan oleh perangkat lunak lain yang disebut Compiler dan proses konversi dari program teks yang diformat ke file format biner ini disebut kompilasi program. Akhirnya, Anda bisa menjalankan file biner untuk melakukan tugas yang terprogram.

Berikut adalah ilustrasi cara kerja dari compiler:
Jadi, jika Anda ingin menulis program Anda dalam bahasa yang memerlukan kompilasi seperti C, C ++, Java dan Pascal, dll, Anda perlu menginstal kompiler sebelum memulai menulis program

Interpreter

Sebelumnya baru saja membahas kompiler dan proses kompilasi. Kompiler diperlukan jika Anda ingin menulis program Anda dalam bahasa pemrograman yang perlu dikompilasi ke dalam format biner sebelum pelaksanaannya.

Ada bahasa pemrograman lain seperti Python, PHP, dan Perl, yang tidak memerlukan kompilasi ke dalam format biner, namun Interpreter dapat digunakan untuk membaca program semacam itu secara langsung dan mengeksekusi mereka secara langsung tanpa konversi lebih lanjut.
cara-kerja-interpreter

Jadi, jika Anda akan menulis program Anda di PHP, Python, Perl, Ruby, dll, Anda perlu menginstal penerjemah mereka sebelum memulai pemrograman.


EmoticonEmoticon