Tuesday, July 25, 2017

Pengertian dan Manfaat Public Cloud

Public Cloud  memungkinkan sistem dan layanan mudah diakses oleh masyarakat umum. Raksasa IT seperti Google, Amazon dan Microsoft menawarkan layanan cloud melalui Internet seperti Google Spreadsheet, aws. Berikut model layanan cloud yang digunakan:

pengertian-public-cloud-model
Public cloud mempunyai cara kerja sharing dimana 1 resource dapat di akses oleh beberapa user sekaligus, tanpa harus 1 jaringan / LAN, sehingga memudahkan user mengguanakan resource tersebut.


Kelebihan Public Cloud

Ada banyak manfaat dalam penerapan public cloud. Berikut adalah beberapa manfaat dari public cloud:

Biaya yang murah
Dikarenakan public cloud mengunakan metode share dengan resource yang sama dengan jumlah customer yang besar, maka otomatis biaya operasionalnya menjadi murah

Reliability
Public Cloud menggunakan sejumlah besar sumber daya dari lokasi yang berbeda. Jika salah satu sumber gagal, Public Cloud bisa menggunakan ber sumyang lain.

Flexibility
Public Cloud dapat berintegrasi dengan Public Cloud lainya.

Dapat di akses dimana saja
Layanan Public Cloud dikirim melalui Internet, memastikan dimana saja kita bisa mengakses public cloud tersebut.

Utility Style Costing
Public cloud  juga didasarkan pada model dan sumber bayar per penggunaan yang dapat diakses kapan pun pelanggan membutuhkannya.

High Scalability 
Cloud resources  tersedia berdasarkan permintaan dari kumpulan resource, dapat di upgrade atau downgrade sesuai kebutuhan.  

Kekurangan Public Cloud

Berikut adalah kekurangan dari public cloud:

Keamanan rendah
Dalam model awan publik, data di-host di luar lokasi dan sumber daya dibagi secara publik, oleh karena itu tidak menjamin tingkat keamanan yang lebih tinggi.

Kurang dapat dikustomisasi
Ini relatif kurang dapat disesuaikan daripada private cloud.


EmoticonEmoticon