Wednesday, July 26, 2017

Pengertian dan Manfaat Private Cloud

Private Cloud  memungkinkan sistem dan layanan mudah diakses oleh organisasi / perusahaan tertentu.  Private Cloud dioperasikan hanya dalam satu organisasi. Namun, hal itu dapat dikelola secara internal oleh organisasi itu sendiri atau oleh pihak ketiga / vendor. Berikut adalah contoh model dari Private cloud:

Cara kerja private cloud tidak berbeda jauh dengan public cloud, hanya saja private cloud biasanya dapat di akses hanya dari ip private / ip organisasi, dan tidak bisa diakses oleh ip sembarangan, sehingga hanya orang internal organisasi/perusahaan yang bisa mengakses dan mengedit isi data cloud tersebut.

Baca Juga: Tutorial Lengkap Cloud Computing

Selain itu private cloud menawarkan layanan host kepada network security, sehingga meminimalkan masalah keamanan yang dimiliki beberapa organisasi. Private cloud juga memberi perusahaan kendali langsung atas data mereka.


Kelebihan Private cloud

Ada banyak kelebihan dari private cloud, berikut diagram kelebihan dari private cloud:
manfaat-private-cloud

High Security dan Privacy
Layanan private cloud tidak tersedia untuk umum dan sumber daya dibagi dari kumpulan sumber daya yang berbeda. Oleh karena itu, ini menjamin keamanan dan privasi yang tinggi.

Lebih banyak kontrol
Private cloud memiliki kontrol yang lebih besar terhadap sumber daya dan perangkat kerasnya dibanding dengan public cloud karena hanya diakses di dalam organisasi.

Efisiensi maintenance
Memang sumber daya private cloud tidak murah public cloud namun private cloud lebih efisien dalam hal maintenance layanan, karena apabila ada trouble mudah dilacak dan diperbaiki


Kekurangan Private Cloud

Berikut adalah kekurangan dari private cloud:

Area Operasi yang Dibatasi
Private cloud  hanya dapat diakses secara lokal dan sangat sulit diterapkan secara global.

Implementasi yang Mahal
Membeli Hardware dan Software baru untuk memenuhi permintaan relatif terlalu mahal, karena harus menyiapkan hardware dan software di tiap-tiap organisasi

Skalabilitas Terbatas
Private cloud hanya bisa diskala dalam kapasitas sumber daya host internal

Membutuhkan Ahli Cloud
untuk mengelola private cloud, sebuah organisasi harus menyiapkan 1 orang yang memiliki skill di bidang cloud, untuk melakukan maintenance data dan akses user dalam menggunakan private cloud tersebut.


EmoticonEmoticon