Thursday, May 18, 2017

Pengertian dari E-Commerce


E-Commerce atau Electronic Commerce adalah metodologi bisnis modern yang membahas kebutuhan organisasi bisnis, vendor dan pelanggan untuk mengurangi biaya dan meningkatkan kualitas barang dan jasa sekaligus mempercepat waktu pengiriman. E-commerce mengacu pada pertukaran informasi bisnis tanpa kertas dengan cara berikut.

  1. Electronic Data Interchange (EDI)
  2. Electronic Mail (e-mail)
  3. Electronic Bulletin Boards
  4. Electronic Fund Transfer (EFT)
  5. Other Network-based technologies

Baca Juga: Sejarah dan Jenis-Jenis E-Mail

Fitur-fitur dari E-Commerce:


  • Kelebihan dari E-commerce itu sendiri merupakan banyaknya fitur-fitur yang membuat orang lebih tertarik dari ketagihan mengunakan sistem informasi ini. Berikut adalah fitur-fitur unggulan dari E-Commerce:
  • Pembayaran Non Tunai - E-Commerce memungkinkan penggunaan kartu kredit, kartu debit, transfer dana secara elektronik melalui situs bank dan mode pembayaran elektronik lainnya.
  • Layanan 24x7 - E-commerce mengotomatisasi bisnis perusahaan dan layanan yang diberikan oleh mereka kepada pelanggan tersedia kapan saja dan dimana saja. Disini 24x7 mengacu pada 24 jam setiap tujuh hari dalam seminggu atau bisa dibilang tidak pernah tutup.
  • Advertising / Marketing - E-commerce meningkatkan jangkauan iklan produk dan layanan bisnis. Ini membantu dalam pengelolaan produk / layanan pemasaran yang lebih baik.
  • Meningkatkan Penjualan - Menggunakan E-Commerce, pesanan untuk produk dapat dihasilkan kapan saja, dimanapun tanpa intervensi manusia. Dengan cara ini, ketergantungan untuk membeli produk berkurang secara luas dan penjualan meningkat.
  • Support - E-Commerce menyediakan berbagai cara untuk memberikan pra penjualan dan bantuan pasca penjualan untuk memberikan layanan yang lebih baik kepada pelanggan.
  • Persediaan Barang - dalam E-Commerce, manajemen persediaan produk menjadi otomatis. Laporan bisa dihasilkan langsung saat dibutuhkan. Manajemen persediaan produk menjadi sangat efisien dan mudah.
  • Perbaikan komunikasi - E-Commerce menyediakan cara untuk komunikasi yang lebih cepat, efisien dengan pelanggan dan mitra bisnis.

Perbandingan E-Commerce dengan Traditional Commerce 


Berikut adalah perbandingan antara E-commerce yang lebih dikenal dengan penjulan online dengan Traditional Commerce atau dikenal dengan penjalan langsung atau ofline.
E-Commerce (Online) Tradisional (Ofline)
Berbagi informasi dibuat mudah melalui jalur komunikasi elektronik yang membuat ketergantungan kecil pada pertukaran informasi orang ke orang. Ketergantungan berat pada pertukaran informasi dari orang ke orang
Komunikasi atau transaksi bisa dilakukan secara asinkron. Sistem elektronik secara otomatis menangani kapan harus menyampaikan komunikasi kepada orang yang dibutuhkan atau melakukan transaksi. Komunikasi atau transaksi dilakukan secara sinkron. Intervensi manual diperlukan untuk setiap komunikasi atau transaksi.
Tidak ada campur tangan manusia. Komunikasi bisnis bergantung pada keterampilan penjualnya
Website E-Commerce menyediakan platform kepada pengguna di mana informasi tersedia di satu tempat. Tidak tersedianya platform yang seragam karena perdagangan tradisional sangat bergantung pada komunikasi pribadi.


EmoticonEmoticon