Friday, May 19, 2017

Keunggulan dan Kekurangan E-Commerce

keunggulan-kekurangan-ecommerce

Sebelumnya buat yang belum tahu apa itu E-Commerce bisa cari tahu di sini, kali ini kita akan ngebahas kelebihan dan kekurangan dari E-Commerce itu sendiri.

Keunggulan E-Commerce

keunggulan-ecommerce

Keunggulan E-Commerce dapat diklasifikasikan secara luas dalam tiga kategori utama:

  1. Keunggulan Untuk Organisasi / Perusahaan
  2. Keunggulan untuk Konsumen
  3. Keunggulan untuk Masyarakat

Mari kita bahas satu persatu Keunggulan dari E-Commerce dilihat dari klasifikasi nya:

1. Keunggulan untuk organisasi

  • Dengan menggunakan E-Commerce, organisasi dapat memperluas pasar mereka ke pasar nasional bahkan internasional dengan investasi modal minimum. Sebuah organisasi dapat dengan mudah menemukan lebih banyak pelanggan, pemasok terbaik dan mitra bisnis yang sesuai di seluruh dunia.
  • E-Commerce membantu menyederhanakan proses bisnis dan membuatnya lebih cepat dan efisien.
  • E-commerce meningkatkan brand merek perusahaan.
  • E-commerce membantu organisasi untuk menyediakan layanan pelanggan yang lebih baik.
  • E-Commerce mengurangi pengunaan kertas (membantu global warming)
  • E-Commerce meningkatkan produktivitas organisasi. 

2. Keunggulan untuk Konsumen

  • Dukungan 24x7. Pelanggan dapat melakukan transaksi untuk produk atau penyelidikan tentang produk / layanan yang disediakan oleh perusahaan kapan saja, dimana saja dari lokasi manapun. Disini 24x7 mengacu pada 24 jam setiap tujuh hari dalam seminggu.
  • Aplikasi E-Commerce memberi pengguna lebih banyak pilihan dan pengiriman produk yang lebih cepat.
  • Aplikasi E-Commerce memberi pengguna pilihan lebih banyak untuk membandingkan dan memilih opsi yang lebih murah dan lebih baik
  • Konsumen dapat memberikan komentar ulasan tentang produk dan dapat melihat apa yang orang lain beli atau lihat komentar ulasan pelanggan lain sebelum melakukan pembelian
  • Konsumen dapat melihat informasi rinci yang relevan dalam hitungan detik 
  • E-Commerce meningkatkan persaingan di antara organisasi dan hasilnya, organisasi memberikan banyak diskon kepada pelanggan

3. Keunggulan untuk Masyarakat

  • Pelanggan tidak perlu melakukan perjalanan untuk berbelanja produk sehingga bisa mengurangi kemacetan
  • E-Commerce membantu mengurangi biaya produk sehingga orang-orang yang kurang mampu juga mampu membeli produk.
  • E-Commerce telah memungkinkan akses terhadap layanan dan produk ke daerah pedesaan dan juga tidak tersedia bagi mereka.
  • E-Commerce membantu pemerintah untuk memberikan layanan publik seperti perawatan kesehatan, pendidikan, layanan sosial dengan biaya rendah dan dengan cara yang lebih baik

Kekurangan E-Commerce

kekurangan-ecommerce

Kekurangan E-Commerce dapat diklasifikasikan secara luas dalam dua kategori utama:

  1. Kekurangan teknis
  2. Kekurangan non-teknis

Mari kita bahas satu persatu Kekurangan dari E-Commerce dilihat dari klasifikasi nya:

1. Kekurangan teknis
  • Ada kekurangan keamanan sistem, ketidak stabilan sistem serta standar yang buruk saat membangun ecommerce
  • Industri pengembangan perangkat lunak terus berkembang dan terus berubah dengan cepat. Sehingga kemungkin bisnis proses nya suka berubah-rubah
  • Di banyak negara, bandwidth jaringan dapat menyebabkan masalah karena bandwidth telekomunikasi lambat/lemot sehingga susah untuk mengakses sebuah ecommerce.
  • Terkadang, menjadi sulit untuk mengintegrasikan perangkat lunak atau situs web E-Commerce dengan aplikasi atau database yang ada
  • Masih ada masalah kompatibilitas software atau hardware yang tidak kompatibel dengan OS atau browser tertentu

2. Kekurangan non-teknis
  • Biaya pembuatan / pembuatan aplikasi E-Commerce in-house mungkin sangat tinggi. Mungkin ada penundaan dalam meluncurkan aplikasi E-Commerce karena kurang biaya atau salah perhitungan
  • Konsumen mungkin tidak mempercayai situs ecommerce baru, sehingga butuh butuh kepercayan terhadap produk-produk yang dijual
  • Sulit untuk memastikan keamanan atau privasi dalam transaksi online.
  • Tidak bisa tawar menawar saat berbelanja online
  • Aplikasi E-Commerce masih terus berkembang dan berubah dengan cepat.
  • Akses internet masih belum merata, banyak calon konsumen yang tinggal di desa terpencil belum bisa menggunakanya.
  • Internet putus = Neraka bagi ecommerce


EmoticonEmoticon