Wednesday, April 5, 2017

Pengertian End User Computing (EUC)

Apa itu End User Computing (EUC)? EUC adalah pengembangan seluruh sebagian sistem berbasis komputer oleh para pemakai / user. Pada akhir tahun 1970-an, terdapat kecenderungan meningkatnya minat pemakai dalam mengembangkan aplikasi komputer mereka sendiri tidak seperti sekarang yang bisa dipastikan semua orang akan menggunakan komputer. Nama yang diberikan untuk situasi ini adalah end-user computing.

End User Computing (EUC) berkembang karena empat alasan:

  1. Meningkatnya Pengetahuan tentang Komputer
  2. Antrian Jasa Informasi
  3. Perangkat Keras yang Murah
  4. Perangkat Lunak Jadi

Para pemakai tidak bertanggung jawab penuh dalam pengembangan sistem.  Pemakai akan bekerja dengan para spesialis informasi bersama-sama mengembangkan sistem. Dalam konsep EUC ini berarti spesialis informasi akan lebih banyak melaksanakan peran konsultasi daripada sebelumnya

Baca Juga: Sejarah Sistem Informasi


Gambar Di atas merupakan Rantai Komunikasi End User Computing, suatu skenario end-user computing dimana pemakai mengandalkan dukungan para spesialis informasi hingga tingkat tertentu. Hal ini disebut dengan rantai komunikasi end-user computing.

Tingkatan End User Computing


Pemakai akhir dapat dikelompokkan menjadi empat golongan berdasarkan kemampuan komputer mereka

  1. End User Tingkat Menu  - user berinteraksi  dengan software yang sudah jadi.
  2. End User Akhir Tingkat Perintah - User tidak hanya menggunakan perangkat lunak jadi tetapi juga dapat menggunakan bahasa perintah dari perangkat lunak yang digunakan. Contoh ; menggunakan perintah-perintah seperti SUM, AVG, dll, dalam Ms Excel.
  3. End User Tingkat  Programmer - User menggunakan bahasa pemrograman seperti HTML, Visual Basic, Java, dll, serta mengembangkan program-program yang disesuaikan dengan kebutuhan.
  4. End User Pendukung Fungsional - Merupakan personil yang men-support area pemakai tertentu dalam menjalankan aktivitas bisnis dan melaporkan kegiatan pada manajer unit bisnis.

Manfaat End User Computing


  1. Menyeimbangkan Kemampuan dan Tantangan - Pemindahan beban kerja pengembangan sistem ke pemakai membuat para spesialis informasi dapat berkonsentrasi pada sistem yang kompleks.
  2. Mengurangi Kesenjangan Komunikasi - Kesulitan komunikasi antara pemakai dan spesialis informasi mengganggu proses pengembangan sistem. Dengan membiarkan pemakai mengembangkan aplikasi mereka , maka kesenjangan komunikasi tidak terjadi lagi

Resiko End-User Computing


  1. Sistem yang buruk rancangan dan dokumentasinya
  2. Penggunaan sumber daya informasi yang tidak efisien
  3. Hilangnya integritas data
  4. Hilangnya keamanan
  5. Hilangnya pengendalian


EmoticonEmoticon