Friday, February 17, 2017

Pengertian dan Manfaat Perancangan Sistem

Tujuan dari analisis sistem adalah untuk memahami kebutuhan atau persyaratan perusahaan dan untuk mendokumentasikan persyaratan tersebut dengan spesifikasi tertentu. Tujuan dari pengembangan software adalah untuk membangun sistem yang memenuhi persyaratan tersebut. Perancangan sistem adalah jembatan yang membawa kita dari persyratan ke solusi.

Baca Juga: Apa itu Perencanaan Sistem?

Sistem informasi dikembangkan di berbagai macam device – dari komputer individual hingga perancangan mobile, dari jaringan lokal hingga di jaringan internet. Setiap sistem memliki komponen unik yang harus dirancangan sehingga aktivitas perancangan dapat bervariasi bergantung pada tipe sistem yang akan dikembangkan.

perancangan-sistem

Pada Gambar diatas merupakan ilustrasi dari perancangan sistem yang harus dirancang dan dikembangkan untuk sistem informasi baru. Konfigurasi utama dari sistem harus dirancang dengan architectural design atau rancangan konseptual. Setiap bagian juga harus dirancang tersendiri. Rancangan low level ini disebut dengan perancangan detil (detail design).

Baca Juga: Tahapan Analisis SDLC

Komponen utama dari Perancangan Sistem adalah:


  • Environment, termasuk infrastuktur jaringan dan deployment. Terkadang sebagian dari jaringan sudah tersedia. Jaringan terkadang perlu untuk diperluas dan elemen baru harus diintegrasikan dengan yang sudah ada.
  • Software aplikasi, termasuk aplikasi berbasis server dan aplikasi jarak jauh. Komponen dari software aplikasi dapat berada di server pusat dan yang lainnya ada di mobile device atau komputer lain. Semua komponen harus diintegrasikan sehingga berfungsi secara menyeluruh.
  • User Interface, menggambarkan semuan layar dan laporan di semua device. User interface dapat menjadi rumit karena berbagai jenis device yang harus dapat terhubung dengan aplikasi.
  • Database, berisi semua struktur data dan metode deployment. Database dapat dibuat di beberapa lingkungan seperti di satu tempat atau banyak tempat
  • Security dan Control, berisi semua pertimbangan bagaimana untuk melindungi sistem dan data di semua sistem dan semua database. Di dalamnya juga berisi pertimbangan mengenai bagaiman melindungi data saat perpindah dari satu device ke lainnya.


Tujuan Perancangan Sistem


Tujuan dari perancangan adalah untuk menentukan, mengorganisir, dan membentuk komponen dari solusi sistem akhir sehingga memiliki blueprint untuk membangun sistem. Perancangan juga merupakan kegiatan membangun model. Analisis mengubah informasi yang sudah terkumpul selama proses analisa menjadi model yang menampilkan solusi sistem

1 comments so far


EmoticonEmoticon