Friday, December 9, 2016

Persiapan Sumber Daya Manusia dalam Implementasi ERP

Dalam mengimplementasikan ERP, terkadang Sumber Daya Manusia internal perusahaan merasa belum siap untuk mengikuti training (pelatihan), merasa tidak bisa atau merasa tidak aman jikau menerima perubahan. Permasalahan ini akan berdampak mengganggu atau menghambat proses persiapan Sumber Daya Manusia. Untuk mengatasi hal tersebut, maka perusahaan dapat menempuh beberapa tahapan sebagai berikut :

  • Mensosialisasikan bahwa teknologi diperlukan untuk meningkatkan daya saing dan kemampuan perusahaan. Untuk itu Sumber Daya Manusia harus memiliki daya adaptasi dengan lingkungan teknologi yang terus berkembang.
  • Pelatihan dilakukan secara bertahap, karena peningkatan ketrampilan membutuhkan tahapan proses, jika tidak Sumber Daya Manusia akan mengalami kesulitan dalam beradaptasi.
  • Penggantian Sumber Daya Manusia perusahaan dengan melakukan perekrutan terhadap tenaga kerja baru yang sudah menguasai teknologi informasi. Namun perlu dipertimbangkan, karena penggantian tenaga kerja baru dapat dirasakan sebagai ancaman atas kelangsungan pekerjaan bagia Sumber Daya Manusia yang ada.
  • Menciptakan dan mempersiapkan penghargaan bagi Sumber Daya Manusia yang berhasil menyelesaikan pelatihan dan mempersiapkan diri dengan baik. Penghargaan tersebut dapat memberikan dorongan bagi Sumber Daya Manusia untuk berkembang

Jenis-jenis Pelatihan untuk karyawan


Dalam pelatihan ERP untuk karyawan, materi pelatihan yang disusun secara sistematika dan sederhana, sehingga mudah dipelajari dan dapat dijadikan sebagai buku panduan bagi setiap level pengguna dalam menjalankan suatu aplikasi program. Agar pelatihan dapat memberikan hasil yang optimal kepada peserta pelatihan, maka perlu diperhatikan jenis-jenis pelatihan, yaitu sebagai berikut :

Operator Training
Materi pelatihan yang diberikan pada operator training merupakan prosedur-prosedur teknis yang perlu dibicarakan dalam operator training, seperti :
- Aktivitas Rutin (Daily Run Activities)
Merupakan langkah-langkah teknis dalam menjalankan suatu aplikasi program, yaitu dari mulai sampai mengakhiri suatu transaksi harian.
- Penyusunan Laporan-laporan (Periodic Report Preparation)
Merupakan langkah-langkah teknis dalam membuat atau mempersiapkan penyusunan laporan-laporan dari suatu aplikasi program.
- Prosedur dalam keadaan darurat (Emergency Procedure)
Merupakan tindakan-tindakan teknis yang harus dilakukan jika terjadi keadaan darurat, seperti komputer server hange, terjadi mati lampu, dan lain sebagainya,

Direct Pengguna Training
Materi pelatihan yang diberikan kepada level direct pengguna atau secondary pengguna, yaitu staf (personil) yang secara langsung terlibat dalam menangani atau menggunakan sistem ERP.
Hal-hal yang perlu dibahas dan diuji, adalah sebagai berikut :
- Data Entry Procedure, yaitu langkah melakukan data entri setiap transaksi aplikasi program.
- Inquiries, yaitu perintah-perintah yang harus dientry dalam setiap transaksi aplikasi program
- Mengedit (mengubah) data yang sudah dientry, yaitu langkah-langkah yang harus dilakukan dalam melakukan mengedit suatu data yang sudah dilakukan entry sebelumnya.
- Running Report , yaitu perintah-perintah yang harus dilakukan dalam menyusun suatu laporan-laporan dari suatu aplikasi program.

Management Pengguna Training.
Materi pelatihan yang diberikan kepada level management berupa konsep mengenai Sistem Informasi dan Komputerisasi, Pengendalian (kontrol) dalam sistem informasi, Prosedur dasar perubahan dari manual ke otomatisasi.


EmoticonEmoticon