Thursday, December 8, 2016

Faktor Pemilihan Vendor ERP Bagi Perusahaan

faktor-pemilihan-erp
Dalam pemilihan vendor ERP terdapat faktor-faktor yang menentukan keberhasilan implementasi ERP bagi perusahaan sampai terjadinya proses perubahan atau migrasi ke arah cara kerja komputerisasi.

Apabila proses seleksi pemilihan vendor ERP dilakukan secara tergesa-gesa, hal ini akan berakibat kegagalan dalam melakukan implementasi sistem ERP.

Anda harus bijak dalam memilih vendor ERP dengan mempertimbangkan faktor kebutuhan pengunaan dan manajemen perusahaan.

Berikut Faktor yang harus dipertimbangkan dalam pemilihan vendor ERP:

Kebutuhan Perusahaan
Faktor kebutuhan merupakan hal yang sangat penting dalam memutuskan memilih vendor ERP. Banyak sistem aplikasi dari vendor ERP yang tidak sesuai kebutuhan proses bisnis perusahaan berjalan. Hal ini akan menyebabkan kegagalan dan menjadikan membeli aplikasi program dari vendor ER dan tidak memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi Perusahaan.

Permasalahan Perusahaan
Diharapkan dengan pembelian software dari vendor ERP ini, tidak menjadikan permasalahan menjadi semakin komplek, malah sebaiknya memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi

Khawatir
Seringkali faktor Khawatir dalam membeli software dari vendor ERP yang sudah jadi akan mempengaruhi tingkat keberhasilan implementasi sistem ERP. Apabila Khawatir ini tidak didasari oleh pemikiran logika, maka implementasi sistem ERP ini tidak akan mempengaruhi secara signifikan terhadap keberhasilan implementasi ERP. Namun, apabila Khawatir berdasarkan logika dan fakta di lapangan, dimana pengguna tidak melakukan penginputan data secara uptodate, pandangan pengguna bahwa software belum stabil atau belum siap digunakan, karena akibat adanya permintaan perubahan program.

Biaya
Faktor Biaya menjadi hal penting yang harus dipertimbangkan secara serius, karena merupakan hal penting dalam melakukan investasi dalam pembelian software dari vendor ERP. Tidak bisa dipungkiri bahwa kualitas suatu sistem informasi terintegrasi, sangat ditentukan oleh nilai Biayanya termasuk dalam perekrutan tim implementasi dan IT.

Keinginan
Seringkali faktor keinginan untuk membangun suatu sistem informasi yang terintegrasi, tidak dipertimbangkan oleh kesiapan pengguna dalam menggunakan sistem baru. Apabila tingkatan manajemen hanya menjadikan suatu keinginan dalam membangun membeli software dari vendor ERP, tanpa mempertimbangkan kebutuhan, maka kemungkinan besar akan mengalami kegagalan dalam implementasi ERP.


EmoticonEmoticon