Wednesday, December 14, 2016

Pengaruh CRM Bagi Perusahaan

Solusi dari sistem Customer Relationship Management adalah penyediaan informasi yang dibutuhkan untuk mendukung program penjualan, pelayanan, dan pemasaran. Untuk mencapai tingkat efisiensi dan perubahaan cara kerja, maka perlu dilakukan berbagai usaha/upaya agar sistem CRM dapat memberikan pemecahan masalah yang dihadapi, yaitu dengan menganalisa kebutuhan, persiapan termasuk alokasi waktu dan uang, membangun tujuan yang realistik, dan memperoleh komitmen dari tingkatan manajerial dan pimpinan puncak / top manajemen, penyesuaian proses bisnis berjalan dengan melakukan proses perubahan proses bisnis yang lebih efektif dan efisien, melakukan pelatihan dan keterlibatan aktif tiap pengguna, manajerial dan pimpinan puncak, dan memberikan keyakinan atas manfaat dari integrasi sistem CRM dapat memberikan nilai tambah bahkan meningkatkan cara kerja yang lebih efektif dan efisien

Baca Juga: Pengertian Customer Relationship Management


Berikut Pengaruh CRM bagi peusahaan:


Divisi Contact dan Account Manajemen
Sistem CRM dapat memberikan pengaruh bagi personal sales, marketing, and service dalam memberikan solusi terhadap permasalahan yang dikeluhan pihak pelanggan, seperti surat kontrak, data yang kurang jelas, penerimaan telepon, fax, e-mail, website, dalam kolaborasi informasi dengan pihak terkait

Divisi Marketing 
Sistem CRM systems dapat memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi para marketing, seperti meningkatkan kualitas produk, membantu menyusun jadwal pengiriman dan monitoring status order, menangani dan memberikan respon terhadap keluhan pelanggan, melakukan evaluasi dan analisis terhadap bisnis proses, membantu meningkatkan cara kerja yang lebih efisien dalam menyelesaikan order processing dari order yang diterima pihak pelanggan

Divisi Customer service 
Sistem dari CRM dapat memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi para marketing, seperti menindaklanjuti permintaan pelayanan request for service), sebagai call center, menyediakan layanan (Help desk software provides service data), memberikan saran dalam penyelesaian masalah (suggestions for solving problems)

Divisi Sales 
Sistem CRM menyediakan sarana informasi terhadap para sales dalam memberikan dukungan dan mengelola kegiatan sales, meningkatkan nilai penjualan,( Optimize cross- and up-selling), memberikan data dan informasi kegiatan history pelanggan

Office Automation
Office Automation menunjukan seberapa jauh hubungan kantor dalam menggunakan aplikasi termasuk pemanfaatkan penggunaan : telephone/internet telephone, voicemail, videoconferencing, copying e-mail, word processing, desktop publishing, e-calendaring, document imaging.

Video Conferencing 
Pemanfaat video Konferensi memungkinkan terjadinya tahap muka dalam sebuah meeting dengan jarak jauh. Hal ini akan meningkatkan cara kerja yang lebih efektif dan efisien, dibandingkan seseorang harus melakukan perjalanan jauh untuk melakukan evaluasi dalam suatu pertemuan/meeting. Dengan adanya fasilitas video conference, sebenarnya pemanfaatan penggunaan teknologi secara optimal akan memberikan kontribusi positif, dimana dalam satuan waktu tertentu, seorang pimpinan dalam melakukan pertemuan untuk beberapa lokasi unit bisnis yang berbeda dan dapat menghasilkan suatu keputusan dengan tepat dan cepat.

E-mail 
Kehadiran fasilitas elektronik mail (e-mail) bagi pengguna dalam suatu organisasi, sudah merupakan suatu kebutuhan, bayangkan dalam beberapa menit saja jika fasilitas jaringan mengalami gangguan yang menyebabkan penggunaan e-mail terganggu, maka pengguna akan tidak dapat mendapatkan berbagai informasi dari beberapa sumber. Untuk itu, dengan adanya fasilitas e-mail ini, maka akan meningkatkan komunikasi secara intensif dari beberapa sumber yang tidak dibatasi oleh waktu, tempat dan keadaan.

Intranet dan Portals 
Fasilitas intranet merupakan jaringan yang dapat dioperasikan dalam sebuah organisasi dengan menggunakan protocol TCP/IP. Intranet menggunakan jaringan backbone yang dikoneksikan dalam jaringan Local Area Network (LAN). Intranet hanya bisa berkomunikasi untuk area terbatas saja, dimana penggunaaan ini lebih efektif, karena tanpa dibatasi waktu

Factory Automation 
Aplikasi factory automation dengan dukungan Teknologi Informasi akan meningkatkan proses manufaktur dan untuk mencapai cara kerja lebih efektif dan efisien, seperti penerapan Supply Chain Management (SCM)




EmoticonEmoticon