Agar pengembangan sebuah sistem informasi tepat dan sesuai dengan kebutuhan bisnis dari organisasi, kegiatan requirement analysis yang dilakukan di fase-fase awal dari siklus pengembangan perlu dilakukan dengan seksama.
Berikut adalah aktivitas-aktivitas yang terjadi dalam tahap analisis:
Pada akhirnya, setelah aktivitas ini selesai, pertanyaan yang harus dijawab oleh analyst untuk memastikan bahwa aktivitas ini telah berjalan dengan baik adalah: “Do we have all of the information (and insight) we need to define what the system must do?”
Setelah semua informasi yang dibutuhkan telah terkumpul, semua informasi tersebut haruslah dicatat dan disimpan dengan baik. Beberapa informasi yang telah dikumpulkan tersebut dapat dideskripsikan sebagai technical requirements (contohnya adalah fakta mengenai kinerja sistem yang diinginkan atau jumlah transaksi yang dapat di-handle oleh sistem) dan functional requirements (perihal fungsi apa saja yang bias dikerjakan/dilakukan oleh sistem). Berbagai jenis models digunakan untuk membantu dalam pencatatan terhadap kebutuhan ini. Selain itu models juga memudahkan di dalam komunikasi dengan para orang-orang teknis perihal apa saja yang dibutuhkan di dalam pengembangan sistem. Pada akhirnya, setelah aktivitas ini selesai, pertanyaan yang harus dijawab oleh analyst untuk memastikan bahwa aktivitas ini telah berjalan dengan baik adalah: “What (in detail) do we need the system to do?”.
Alternatif-alternatif perancangan dan implementasi perlu dipersiapkan guna dievaluasi segala kemungkinan yang terbaik dari masing-masing alternatif tersebut. Begitu requirements diprioritasasi, analyst dapat membuat beberapa alternatif dengan menghilangkan requirements yang kurang penting. Sebagai tambahan, hal-hal terkait teknologi juga dapat menimbulkan alternatif-alternatif baru untuk sistem. Selain itu, pertimbangan terhadap siapa yang akan membangun sistem, apakah in-house atau dengan menggunakan konsultan eksternal, juga akan mempengaruhi keputusan yang diambil. Setiap alternatif yang ada memiliki costs, benefits, dan characteristics-nya masing-masing. Oleh karena itu masing-masing dari alternatif tersebut perlu diukur dan dievaluasi terlebih dahulu guna menghasilkan akternatif terbaik. Pada akhirnya, setelah aktivitas ini selesai, pertanyaan yang harus dijawab oleh analyst untuk memastikan bahwa aktivitas ini telah berjalan dengan baik adalah: “What is the best way to create the system?”.
Berikut adalah aktivitas-aktivitas yang terjadi dalam tahap analisis:
1. Gather information.
Dalam aktivitas ini, analyst akan melakukan pengumpulan terhadap sejumlah informasi. Informasi dapat dikumpulkan melalui:- Wawancara ataupun pengamatan terhadap para pengguna sistem
- Melakukan review terhadap dokumen-dokumen perencanaan dan pernyataan-pernyataan terkait dengan kebijakan-kebijakan yang berlaku di organisasi
- Mempelajari dengan seksama terhadap dokumentassi dari sistem yang terdahulu atau yang sedang berjalan
- Melakukan benchmarking dengan organisasi lain yang memiliki kebutuhan bisnis yang sama
Pada akhirnya, setelah aktivitas ini selesai, pertanyaan yang harus dijawab oleh analyst untuk memastikan bahwa aktivitas ini telah berjalan dengan baik adalah: “Do we have all of the information (and insight) we need to define what the system must do?”
EmoticonEmoticon