Tuesday, November 15, 2016

Aktifitas di Tahapan SDLC


System Development Life Cycle (SDLC) dilaksanakan guna menyelesaikan projek dan menghasilkan keluaran yang ditargetkan. SDLC sendiri merupakan sebuah keseluruhan proses dari pengembangan, pengerjaan, penggunaan, dan peng-update-an sebuah sistem informasi.

Berikut adalah rincian aktivitas yang terjadi di setiap tahapan SDLC:

1. Project Planning


  • Definisi terhadap masalah bisnis yang dihadapi oleh organisasi, perihal apa saja yang kiranya menghambat laju kembangnya bisnis.
  • Membuat project schedule yang disetujui bersama oleh para stakeholders yang berkepentingan.
  • Melaksanakan studi kelayakan (feasibility study) dari projek yang akan dibangun.
  • Memperkerjakan tim projek serta mengalokasikan sumber daya yang dirasa perlu guna menunjang perampungan projek.
  • Meresmikan berjalannya projek.

2. Analysis

  • Mengumpulkan kebutuhan-kebutuhan bisnis apa saja dari berbagai stakeholders yang berkepentingan.
  • Mendefinisikan kebutuhan-kebutuhan bisnis yang akan ditindaklanjuti guna diakomodir oleh sistem yang akan dibangun.
  • Membuat prototypes sederhana untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut.
  • Melakukan prioritasasi terhadap kebutuhan-kebutuhan bisnis yang telah didefinisikan.
  • Membuat dan mengevaluasi alternatif-alternatif solusi untuk masing-masing kebutuhan tersebut.
  • Mengulas rekomendasi-rekomendasi solusi dengan pihak manajemen.

3. Design


  • Melakukan perancangan dengan mengintegrasikannya dengan jaringan.
  • Merancang arsitektur aplikasi yang akan digunakan.
  • Merancang tampilan layar untuk pengguna.
  • Merancang system interfaces.
  • Merancang dan mengintegrasikan sistem dengan database.
  • Membuat prototypes untuk detil-detil perancangan.
  • Membuat dan mengintegrasikan sistem dengan system controls

4. Implementation


  • Membangun komponen-komponen perangkat lunak.
  • Melakukan verifikasi dan uji coba terhadap sistem yang telah selesai dibangun.
  • Melakukan konversi data.
  • Melatih para pengguna untuk berinteraksi serta menyelesaikan tugas kerjanya dengan menggunakan sistem.
  • Membuat dokumentasi terhadap sistem yang telah selesai dibangun, yang dapat berupa manual book, etc.
  • Meng-install sistem di terminal-terminal PC yang membutuhkan.

5. Activities


  • Melakukan pemeliharaan sistem dengan pengecekan secara berkala/periodik.
  • Memperkaya atau mengembangkan sistem dengan penambahan fitur-fitur baru yang dapat meningkatkan kinerja kerja user guna mendukung kinerja bisnis.
  • Memberikan pelayanan kepada para users, seperti dalam bentuk call center ataupun IT support.


EmoticonEmoticon