System Development Life Cycle (SDLC) dilaksanakan guna menyelesaikan projek dan menghasilkan keluaran yang ditargetkan. SDLC sendiri merupakan sebuah keseluruhan proses dari pengembangan, pengerjaan, penggunaan, dan peng-update-an sebuah sistem informasi.
Berikut adalah rincian aktivitas yang terjadi di setiap tahapan SDLC:
1. Project Planning
- Definisi terhadap masalah bisnis yang dihadapi oleh organisasi, perihal apa saja yang kiranya menghambat laju kembangnya bisnis.
- Membuat project schedule yang disetujui bersama oleh para stakeholders yang berkepentingan.
- Melaksanakan studi kelayakan (feasibility study) dari projek yang akan dibangun.
- Memperkerjakan tim projek serta mengalokasikan sumber daya yang dirasa perlu guna menunjang perampungan projek.
- Meresmikan berjalannya projek.
2. Analysis
- Mengumpulkan kebutuhan-kebutuhan bisnis apa saja dari berbagai stakeholders yang berkepentingan.
- Mendefinisikan kebutuhan-kebutuhan bisnis yang akan ditindaklanjuti guna diakomodir oleh sistem yang akan dibangun.
- Membuat prototypes sederhana untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut.
- Melakukan prioritasasi terhadap kebutuhan-kebutuhan bisnis yang telah didefinisikan.
- Membuat dan mengevaluasi alternatif-alternatif solusi untuk masing-masing kebutuhan tersebut.
- Mengulas rekomendasi-rekomendasi solusi dengan pihak manajemen.
3. Design
- Melakukan perancangan dengan mengintegrasikannya dengan jaringan.
- Merancang arsitektur aplikasi yang akan digunakan.
- Merancang tampilan layar untuk pengguna.
- Merancang system interfaces.
- Merancang dan mengintegrasikan sistem dengan database.
- Membuat prototypes untuk detil-detil perancangan.
- Membuat dan mengintegrasikan sistem dengan system controls
4. Implementation
- Membangun komponen-komponen perangkat lunak.
- Melakukan verifikasi dan uji coba terhadap sistem yang telah selesai dibangun.
- Melakukan konversi data.
- Melatih para pengguna untuk berinteraksi serta menyelesaikan tugas kerjanya dengan menggunakan sistem.
- Membuat dokumentasi terhadap sistem yang telah selesai dibangun, yang dapat berupa manual book, etc.
- Meng-install sistem di terminal-terminal PC yang membutuhkan.
5. Activities
- Melakukan pemeliharaan sistem dengan pengecekan secara berkala/periodik.
- Memperkaya atau mengembangkan sistem dengan penambahan fitur-fitur baru yang dapat meningkatkan kinerja kerja user guna mendukung kinerja bisnis.
- Memberikan pelayanan kepada para users, seperti dalam bentuk call center ataupun IT support.
EmoticonEmoticon