Monday, November 27, 2017

Tipe Hackers Yang Harus Anda Ketahui

Hacker dapat diklasifikasikan ke dalam kategori yang berbeda seperti white hat, black hat, and gray hat, berdasarkan maksud dan tujuan hacker itu sendiri dalam melakukan hacking sebuah sistem. Istilah yang berbeda ini berasal dari Western Spaghetti lama, di mana orang jahat itu memakai topi koboi hitam dan orang baik itu mengenakan topi putih
tipe-hacker
Mari kita bahas jenis-jenis tipe hacker tersebut:

Hackers White Hat 

Hacker White Hat juga dikenal sebagai Ethical Hacker. Mereka tidak pernah bermaksud untuk merusak sebuah sistem, namun mereka mencoba untuk mengetahui kelemahan dalam komputer atau sistem jaringan sebagai bagian dari pengujian keamanan sistem.

Ethical hacking tidak ilegal dan ini adalah salah satu pekerjaan yang tersedia di industri IT, biasa disebut "IT Network Security". Ada banyak perusahaan yang mempekerjakan untuk penetration testing dan vulnerability assessments.

Baca Juga: Jenis-jenis Software Testing

Hackers Black Hat

Hackers Black Hat biasa dikenal dengan "Crackers"  adalah hacker yang melakukan hacking untuk mendapatkan akses tidak sah ke sistem dan membahayakan sistem atau mencuri informasi sensitif yang dapat merugikan orang lain.

Hacking Black Hat selalu ilegal karena niat buruknya yang digunakan untuk mencuri data perusahaan / orang lain, melanggar privasi, merusak sistem, menghalangi komunikasi jaringan, dll.

Hacker Grey Hat

Hacker Grey Hat dalah perpaduan antara black hat dan white hat. Mereka bertindak tanpa niat jahat tapi untuk kesenangan mereka, mereka memanfaatkan kelemahan keamanan di sistem komputer atau jaringan tanpa izin atau sepengetahuan pemiliknya.

Tujuan mereka adalah membawa mencari perhatian orang lain dan mendapatkan apresiasi orang lain.

Jenis-Jenis Hacker Lainya


Terlepas dari jenis-jenis hacker diatas, hackers juga memiliki kategori berdasarkan apa yang mereka hack dan bagaimana mereka melakukannya seperti: Red Hat Hackers, Blue Hat Hackers, Elite Hackers, Script Kiddie, Neophyte, Hacktivist.

Baca Juga: Jenis-Jenis Dasar Hacking

Red Hat Hackers

Red hat hackers merupakan perpaduan antara black hat and white hat hackers. Mereka biasanya berada pada tingkat agen pemerintah hacking, hubungan informasi rahasia, dan umumnya segala sesuatu yang termasuk dalam kategori informasi sensitif. Biasanya red hat hacker bekerja di organisasi pemerintahan, di Indonesia mungkin dia bekerja di BIN (Badan Inteligen Nasional)

Blue Hat Hackers

Blue Hat Hackers dalah seseorang di luar perusahaan konsultan keamanan komputer yang terbiasa melakukan bug-test sistem sebelum diluncurkan. Mereka mencari celah yang bisa dimanfaatkan dan mencoba menutup celah ini. Microsoft juga menggunakan istilah BlueHat untuk mewakili rangkaian acara briefing sistem keamananya. Bisa dikatakan Blue hat hackers adalah seorang freelance hacking.

Elite Hackers

Elite hackers bisa disebut juga sebagai forum hacker, sebagai ajang untuk status sosial di kalangan hacker, yang digunakan untuk menunjukan siapa yang paling jago dalam melakukan hacking. Eksploitasi / cara hacking yang baru ditemukan akan beredar di antara para hacker ini.

Script Kiddie

Script Kiddie adalah seorang non-expert yang masuk ke sistem komputer dengan menggunakan tools otomatis yang dibuat leh orang lain, biasanya dengan sedikit pemahaman tentang konsep dasarnya, maka istilah Kiddie.

Neophyte

Seorang neophyte, "n00b", atau "newbie" atau "Green Hat Hacker" adalah seseorang yang baru melakukan hacking atau phreaking dan hampir tidak memiliki pengetahuan atau pengalaman tentang cara kerja teknologi dan hacking.

Hacktivist.

Hacktivist adalah hacker yang memanfaatkan teknologi untuk mengumumkan pesan sosial, ideologis, agama, atau politik. Secara umum, kebanyakan hacktivism melibatkan penghindaran situs web atau serangan denialof-service.

Dari Semua tipe hacker diatas, masuk ke dalam tipe manakah kalian? 


EmoticonEmoticon