Wednesday, November 29, 2017

Istilah Umum yang Diguanakan Dalam Hacking

Dari banyaknya istilah yang digunakan dalam hacking, berikut kami simpulkan istilah-istilah umum yang biasanya digunakan dalam perduniaan hacking.

Adware - Adware adalah perangkat lunak yang dirancang untuk memaksa iklan yang telah dipilih untuk ditampilkan di sistem Anda.
Attack - Serangan adalah tindakan yang dilakukan pada sebuah sistem untuk mendapatkan akses dan menyimpan data sensitifnya.
Back door − back door, atau trap door,  merupakan pintu masuk tersembunyi ke perangkat komputer atau perangkat lunak yang melewati langkah-langkah keamanan, seperti login dan proteksi password.
Bot - bot adalah program yang mengotomatisasi tindakan sehingga bisa dilakukan berulang kali pada tingkat yang jauh lebih tinggi untuk periode yang lebih berkelanjutan daripada operator manusia yang dapat melakukannya. Misalnya, mengirim HTTP, FTP atau Telnet pada tingkat yang lebih tinggi atau skrip panggilan untuk membuat objek pada tingkat yang lebih tinggi.
Botnet - Botnet, juga dikenal sebagai zombie army,  adalah sekelompok komputer yang dikendalikan tanpa sepengetahuan pemiliknya. Botnet digunakan untuk mengirim spam atau melakukan serangan DOS (denial of service).
Brute force attack - Brute force attack  adalah cara term otomatis dan paling sederhana untuk mendapatkan akses ke sistem atau situs web. Mencoba kombinasi yang berbeda dari nama pengguna dan kata sandi, berulang-ulang, sampai masuk.
Buffer Overflow − Buffer Overflow adalah cacat yang terjadi ketika lebih banyak data ditulis ke blok memori, atau buffer, dari pada buffer yang dialokasikan untuk ditahan.
Clone phishing − Clone phishing adalah modifikasi sebuah website atau email yang ada dengan link URL palsu untuk mengelabui penerima agar memberikan informasi pribadi.
Cracker - Seorang cracker adalah orang yang memodifikasi perangkat lunak untuk mengakses fitur yang dianggap tidak diinginkan
Denial of service attack (DoS) - denial of service (DoS) attack  adalah usaha jahat untuk membuat server down atau sumber jaringan tidak bisa diakses oleh pengguna, biasanya mengganggu atau menangguhkan layanan dari host yang terhubung ke Internet.
DDoS − Distributed denial of service attack.
Exploit Kit - Exploit Kit adalah sistem perangkat lunak yang dirancang untuk berjalan di server web, dengan tujuan untuk mengidentifikasi kerentanan perangkat lunak di komputer klien yang berkomunikasi dengannya dan memanfaatkan kerentanan yang ditemukan untuk mengunggah dan mengeksekusi kode berbahaya pada klien.

Baca Juga: Jenis-Jenis Hacker

Exploit - Exploit adalah perangkat lunak, sejumlah data, atau urutan perintah yang memanfaatkan bug atau kerentanan untuk membahayakan keamanan komputer atau sistem jaringan.
Firewall - Firewall adalah filter yang dirancang untuk mencegah penyusup yang tidak diinginkan di luar sistem komputer atau jaringan sambil membiarkan komunikasi yang aman antara sistem dan pengguna di bagian dalam firewall.
Keystroke logging - Keystroke logging atau biasa dikenal dengan keylogger adalah proses pelacakan kunci yang ditekan pada komputer (dan titik touchscreen yang digunakan). Biasanya digunakan oleh hacker black hat untuk mencatat ID dan kata sandi masuk. Keylogger biasanya disekresikan ke perangkat menggunakan Trojan yang dikirim oleh email phishing.
Logic bomb − Virus yang disekresikan ke dalam sistem yang memicu tindakan jahat saat kondisi tertentu terpenuhi. Versi yang paling umum adalah bom waktu
Malware  - Malware  adalah istilah umum yang digunakan untuk merujuk pada berbagai bentuk perangkat lunak yang tidak bersahabat, termasuk virus komputer, worm, trojan horse, ransomware, spyware, adware, scareware, dan program berbahaya lainnya.
Master Program − Master Program adalah program yang digunakan hacker black hat untuk mengirim perintah dari jarak jauh ke drone zombie yang terinfeksi, biasanya untuk melakukan serangan Denial of Service atau serangan spam.
Phishing - Phishing adalah metode penipuan e-mail di mana pelaku mengirimkan email yang tampak sah, dalam upaya mengambil informasi pribadi dan mencuri data / uang dari penerima.
Phreaker - Phreakers dianggap sebagai peretas komputer asli dan mereka adalah orang-orang yang masuk ke jaringan telepon secara ilegal, biasanya melakukan panggilan telepon jarak jauh atau untuk menyentuh saluran telepon.

Baca Juga: Jenis-Jenis Hacking

Rootkit - Rootkit adalah jenis perangkat lunak tersembunyi, biasanya berbahaya, dirancang untuk menyembunyikan adanya proses atau program tertentu dari akses istimewa ke komputer.
Shrink Wrap code - Serangan kode Shrink Wrap adalah tindakan untuk mengeksploitasi lubang pada perangkat lunak yang tidak dikonfigurasi dengan benar.
Spam - Spam adalah email yang tidak diminta, dan datang terus menerus. Dikenal sebagai email sampah, dikirim ke sejumlah besar penerima tanpa sepengetahuan mereka.
Spoofing - Spoofing adalah teknik yang digunakan untuk mendapatkan akses tidak sah ke komputer, dimana penyusup mengirim pesan ke komputer dengan alamat IP.
Spyware - Spyware adalah perangkat lunak yang bertujuan untuk mengumpulkan informasi tentang seseorang atau organisasi tanpa persetujuan
SQL Injection - SQL injection adalah teknik injeksi kode SQL, digunakan untuk menyerang aplikasi berbasis data, di mana pernyataan SQL jahat dimasukkan ke dalam field entri untuk dieksekusi (misalnya. Untuk membuang konten database ke penyerang).
Threat - Threat atau ancaman adalah bahaya yang mungkin bisa memanfaatkan komputer atau sistem jaringan yang ada.
Trojan - A Trojan, atau Trojan Horse, adalah program jahat yang disamarkan agar terlihat seperti program yang valid, sehingga sulit untuk membedakan dari program yang seharusnya ada dengan maksud untuk menghancurkan file bahkan bisa merusak sistem, contohnya seperti virus di komputer
Virus - Virus adalah program jahat atau sepotong kode yang mampu menyalin dirinya sendiri dan biasanya memiliki efek yang merugikan, seperti merusak sistem atau menghancurkan data.
Worms - worm adalah virus replikasi diri yang tidak mengubah file namun berada dalam memori aktif dan menduplikat itu sendiri.
Zombie Drone - A Zombie Drone didefinisikan sebagai email spam terdistribusi yang tidak diinginkan.


EmoticonEmoticon