Sunday, November 19, 2017

Pengertian Client Server Jaringan Komputer

Proses remote aplikasi agar bisa berkomunikasi memiliki dua mode yang berbeda, yaitu:

  • Peer-to-peer: Kedua proses remote dieksekusi pada tingkat yang sama dan mereka bertukar data menggunakan beberapa sumber bersama.
  • Client-Server: Satu proses remote bertindak sebagai client dan meminta beberapa resource dari proses aplikasi lain yang bertindak sebagai Server.

Dalam model client-server jaringan komputer, proses apapun dapat bertindak sebagai Server atau Client. Client Server bukan tipe dari mesin, ukuran mesin, atau power komputer yang membuatnya menjadi server, namun adalah adalah kemampuan melayani permintaan yang membuat mesin server.
client-server-jaringan-komputer
Sebuah sistem dapat bertindak sebagai Server dan Client secara bersamaan. Artinya, satu proses bertindak sebagai Server dan yang lainnya bertindak sebagai Client. mungkin juga terjadi proses dimana Client dan server berada pada 1 device yang sama.

Baca Juga: Application Layer dalam OSI Model

Cara Komunikasi Client Server

Model client-server dapat berinteraksi dengan cara:

  • Sockets
  • Remote Procedure Calls (RPC)

Sockets

Dalam paradigma ini, proses yang bertindak sebagai Server membuka soket menggunakan port yang terkenal (atau dikenal oleh client) dan menunggu sampai beberapa permintaan cleint datang. Proses kedua ialah dimana client juga membuka soket tapi bukannya menunggu permintaan masuk, cleint akan memproses 'permintaan terlebih dahulu'.

Baca Juga: Tips Implementasi Jaringan Komputer Di Perusahaan

Bila permintaan tersebut sampai ke server, maka layanan tersebut dilayani. Request bisa berupa sharing informasi atau request sumber daya.

Remote Procedure Calls (RPC)

Ini adalah mekanisme di mana satu proses berinteraksi dengan yang lain melalui pemanggilan prosedur. Satu proses (client) memanggil prosedur yang terletak pada remote host. Proses pada remote host dikatakan sebagai Server. Kedua proses tersebut dialokasikan stubs. Komunikasi ini terjadi dengan cara sebagai berikut:

  • Proses client memanggil client stub. Melewati semua parameter yang berkaitan dengan program lokal
  • Semua parameter kemudian dikemas (marshalled) dan panggilan sistem untuk mengirimnya ke sisi lain jaringan.
  • Kernel mengirimkan data melalui ujung jaringan dan ujung lainnya menerimanya.
  • Remote host mengirimkan data ke server stub di tempat yang tidak dimatikan.
  • Parameter dilewatkan ke prosedur dan prosedur kemudian dieksekusi.
  • Hasilnya dikirim kembali ke cleint dengan cara yang sama.
Source: TutorialsPoint


EmoticonEmoticon