Thursday, November 2, 2017

Pengertian Media Transmisi Jaringan Komputer

Media transmisi adalah media fisik tempat komunikasi terjadi di jaringan komputer. Media transmisi jaringan komputer antara lain:

Magnetic Media (Media Magnet)

Salah satu cara yang paling mudah untuk mentransfer data dari satu komputer ke komputer lainnya, bahkan sebelum kelahiran jaringan, adalah menyimpannya di beberapa media penyimpanan dan mentransfer fisik dari satu stasiun ke stasiun lainnya. Meskipun mungkin tampak seperti jalan kuno di dunia internet berkecepatan tinggi saat ini, namun bila ukuran data sangat besar, magnetic media bisa diandalkan.

Contohnya magnetic media adalah
bank harus menangani dan mentransfer data pelanggannya yang sangat besar, yang menyimpan cadangannya di tempat yang jauh karena alasan keamanan dan mencegahnya dari bencana yang tidak pasti. Jika bank perlu menyimpan data cadangannya yang besar maka transfernya melalui internet tidak layak. Jaringan WAN mungkin tidak mendukung kecepatan tinggi tersebut. Bahkan jika mereka melakukannya; biaya yang diperlukan terlalu tinggi

Baca Juga: Pengertian Transmisi Sinyal Analog

Dalam kasus ini, backup data disimpan ke kaset magnetik atau cakram magnetik, dan kemudian bergeser secara fisik untuk menentukan data terakhir dan disimpan tempat-tempat terpencil atau rahasia.

Kabel Twisted Pair

Kabel Twisted Pair dibuat dari dua kabel tembaga yang dibalut plastik dan dililitkan untuk membentuk satu media. Dari kedua kabel ini, hanya satu yang membawa sinyal aktual dan yang lainnya digunakan untuk ground reference. Lilitan plastik antara kabel sangat membantu dalam mengurangi noise (interferensi elektro-magnetik) dan crosstalk.
contoh-kabel-twisted_pairs

Kabel Twisted Pair memiliki 2 jenis

  • Shielded Twisted Pair (STP)
  • Unshielded Twisted Pair (UTP)

Kabel Shielded Twisted Pair (STP) - dilengkapi dengan sepasang kawat yang dilapisi logam foil. Hal ini membuatnya lebih kuat terhadap pengaruh noise dan crosstalk.

Kabel Unshielded Twisted Pair (UTP) - memiliki tujuh kategori, masing-masing sesuai untuk penggunaan tertentu. Di jaringan komputer kebanyakan menggunakan Cat-5, Cat-5e, dan Cat-6. Kabel UTP dihubungkan oleh konektor RJ45.

Baca Juga: Pengertian Transmisi Sinyal Digital

Kabel Coaxial

Kabel koaksial memiliki dua kabel tembaga. Kawat inti terletak di tengahnya dan terbuat dari konduktor padat. Inti dilekatkan menggunakan isolasi. Kawat kedua dililitkan di atas sarung dan itu juga pada gilirannya terbungkus sarung insulator. Semua kawat ditutupi oleh penutup plastik. .
contoh-kabel-coaxial

Karena strukturnya, kabel coaxial mampu membawa sinyal frekuensi tinggi dari pada kabel twisted pair. Struktur terbungkus membuatnya menjadi perisai yang baik terhadap noise dan cross talk. Kabel Coaxial memberikan tingkat bandwidth yang tinggi hingga 450 mbps.

Ada tiga kategori kabel Coaxial yaitu, RG-59 (Kabel TV), RG-58 (Thin Ethernet), dan RG-11 (Thick Ethernet). RG adalah singkatan dari Radio Government.

Kabel dihubungkan menggunakan konektor BNC dan BNC-T. Terminator BNC digunakan untuk memutus kawat di ujungnya

Power Lines

Power Lines Communication (PLC) adalah Layer 1 (Physical Layer) dalam OSI model. PLC merupakannteknologi yang menggunakan kabel power untuk mentransmisikan sinyal data. Pada PLC, data modulasi dikirim melalui kabel. Penerima di ujung yang lain melakukan de-memodulasi dan menerima data.

Karena power lines banyak digunakan, PLC bisa membuat semua perangkat dikontrol dan dipantau. PLC bekerja di half-duplex.

Ada dua jenis PLC:

  • Narrow band PLC
  • Broad band PLC

Narrow band PLC - memberikan kecepatan data yang lebih rendah, up to 100 kbps, karena bekerja pada frekuensi rendah (3-5000 kHz). Dapat tersebar dalam beberapa kilometer.

Broadband PLC - memberikan kecepatan data yang lebih tinggi, up to 100Mbps dan bekerja pada frekuensi yang lebih tinggi (1,8 - 250 MHz). Jarak jangkauan tidak dapat diperpanjang seperti PLC Narrowband.

Fiber Optic

Fiber Optic mempunyai konsep kerja seperti cahaya. Saat sinar cahaya menyentuh sudut, ia cenderung memantulkanya pada sudut 90 derajat. Konsep ini telah digunakan dalam fiber optic. Inti kabel fiber optic terbuat dari kaca berkualitas tinggi atau plastik. Dari satu ujungnya cahaya dipancarkan, dan di ujung lain detektor cahaya mendeteksi aliran cahaya dan mengubahnya menjadi data listrik.

Baca Juga: Jenis-Jenis Transmisi Model

Fiber Optic adalah media transmisi kecepatan tertinggi untuk saat ini. Memiliki dua mode, satu adalah single mode fiber dan kedua adalah multimode fiber. Single mode fiber berkecepatan setara satu sinar cahaya sedangkan multimode berkecepatan setara multiple sinar cahaya.
contoh-kabel-fiber-optik

Fiber Optic juga hadir dalam kemampuan searah dan bercabang. Untuk menghubungkan dan mengakses kabel fiber optik, harus menggunakan connector khusus, seperti: Subscriber Channel (SC), Straight Tip (ST), atau MT-RJ.


EmoticonEmoticon