Sunday, November 5, 2017

Jenis-Jenis Transmisi Nirkabel / Wireless Transmission

Wireless Transmision atau transmisi nirkabel adalah bentuk media yang tidak terarah. Komunikasi nirkabel tidak melibatkan hubungan fisik antara dua perangkat atau lebih. Sinyal nirkabel tersebar di udara dan diterima dan diterjemahkan oleh antena yang sesuai.

Bila antena terpasang pada sirkuit listrik komputer atau perangkat nirkabel, komputer akan mengubah data digital menjadi sinyal nirkabel dan menyebar ke seluruh frequency area. Reseptor di ujung yang lain menerima sinyal ini dan mengubahnya kembali ke data digital.

Sebagian kecil spektrum elektromagnetik dapat digunakan untuk transmisi nirkabel.

Radio Transmission / Transmisi Radio


Frekuensi radio lebih mudah untuk di generate karena panjang gelombang yang besar dapat menembus melalui dinding dan struktur sama. Gelombang radio dapat memiliki panjang gelombang dari 1 mm - 100.000 km dan memiliki frekuensi mulai dari 3 Hz (Frekuensi Sangat Rendah) sampai 300 GHz (Frekuensi Sangat Tinggi). Frekuensi radio dibagi menjadi enam band.\

Baca Juga: Jenis-Jenis Model Transmisi

Gelombang radio pada frekuensi rendah dapat berjalan melalui dinding sedangkan RF yang lebih tinggi dapat berjalan dalam garis lurus dan memantul kembali. Kekuatan gelombang frekuensi rendah menurun saat jarak dekat. Gelombang radio frekuensi tinggi memiliki daya lebih jauh.

Gelombang radio frekuensi tinggi memiliki daya lebih.
gelombang-radio

Gelombang radio dengan frekuensi tinggi cenderung diserap hujan dan rintangan lainnya. Gelombang radio menggunakan Ionosfer atmosfer bumi. Gelombang radio frekuensi tinggi seperti band HF dan VHF menyebar ke atas. Ketika mereka mencapai Ionosfer, mereka dibiaskan kembali ke bumi.
radio_wave_ionosphere


Microwave Transmission / Transmisi Gelombang Mikro


Gelombang elektromagnetik di atas 100 MHz cenderung bergerak dalam garis lurus dan sinyal di atas mereka dapat dikirim dengan menyalakan gelombang tersebut ke satu stasiun tertentu. Karena gelombang mikro bergerak dalam garis lurus, pengirim dan penerima harus sejajar agar bisa saling berhadapan

Gelombang mikro dapat memiliki panjang gelombang berkisar antara 1 mm - 1 meter dan frekuensi berkisar antara 300 MHz sampai 300 GHz.

Seperti gambar diatas, Antena microwave memusatkan gelombang beberapa antena bisa sejajar untuk menjangkau lebih jauh. Gelombang mikro memiliki frekuensi lebih tinggi dan tidak menembus dinding

Transmisi microwave sangat tergantung pada kondisi cuaca dan frekuensi yang digunakannya.

Infrared Transmission / Transmisi Infra merah

Gelombang inframerah terletak di antara spektrum cahaya dan gelombang mikro yang terlihat. Inframerah memiliki panjang gelombang 700 nm sampai 1 mm dan rentang frekuensi 300-GHz sampai 430-THz.

Gelombang inframerah digunakan untuk tujuan komunikasi jarak dekat seperti televisi dan remote. Infrared bekerja secara garis lurus dan infrared tidak bisa melewati rintangan seperti dinding. Makanya jika anda ingin menggunakan remote tv atau ac, anda harus mengarahkan remote anda ke tv atau ac anda.


Light Transmission


Spektrum elektromagnetik tertinggi yang dapat digunakan untuk transmisi data adalah sinyal cahaya atau optik. Hal ini dicapai dengan menggunakan LASER.

Karena penggunaan cahaya frekuensi, cenderung bergerak ketat dalam garis lurus. Oleh karena pengirim dan penerima harus berada dalam garis sejajar. Karena transmisi laser searah, pada kedua ujung komunikasi laser dan photo-detector perlu dipasang. Sinar laser umumnya lebar memiliki 1mm maka ini adalah pekerjaan presisi untuk menyelaraskan dua reseptor yang jauh masing-masing mengarah ke sumber laser.
pengertian-light-transmission

Laser bekerja sebagai Tx (pemancar) dan foto-detektor bekerja sebagai Rx (receiver).

Laser tidak bisa menembus rintangan seperti dinding, hujan, dan kabut tebal. Selain itu, sinar laser terdistorsi oleh angin, suhu atmosfer, atau variasi suhu di jalan.

Laser aman untuk transmisi data karena sangat sulit untuk memanfaatkan laser lebar 1mm tanpa mengganggu saluran komunikasi.


EmoticonEmoticon