Wednesday, October 11, 2017

Tips Membuat Persyaratan Sistem yang Baik

Ingin membuat persyaratan sistem yang baik? Persyaratan yang baik harus bernilai dan dapat digunakan oleh seluruh tim. Semua orang di tim harus mengerti isi dari persyaratan sistem yang bersifat bervariasi dan complex. Berikut adalah beberapa tips membuat persyaratan sistem yang baik:

  • Dokumen Persyaratan yang Baik dapat menjadi bagian dari kelompok dengan persyaratan tingkat tinggi yang dipecah menjadi sub-proyek.
  • Menyertakan spesifikasi yang sangat rinci yang mencakup seperangkat persyaratan fungsional yang menjelaskan perilaku atau komponen produk akhir.
  • Persyaratan yang baik harus ringkas dan spesifik, dan harus menjawab pertanyaan, "apa yang kita butuhkan?" dibandingkan "bagaimana kita memenuhi kebutuhan?
  • Persyaratan yang baik memastikan bahwa semua pemangku kepentingan memahami bagian mereka dari rencana tersebut; Jika bagian tidak jelas atau disalahartikan, produk akhir bisa rusak atau gagal.


Mencegah kegagalan atau salah tafsir persyaratan dapat dibantu dengan menerima feedback dari tim secara terus menerus selama proses berlangsung seiring dengan persyaratan yang berkembang.

Menganalisa Kebutuhan Sistem

Persyaratan adalah suatu kondisi atau kemampuan yang dibutuhkan oleh stakeholder  untuk memecahkan suatu masalah atau mencapai tujuan suatu kondisi atau kemampuan yang harus dipenuhi atau dimiliki oleh sebuah sistem

Analisis kebutuhan dalam rekayasa perangkat lunak mencakup tugas-tugas yang menentukan kebutuhan atau kondisi untuk memenuhi produk baru atau perubahan yang mempertimbangkan persyaratan yang mungkin bertentangan dari berbagai stakeholder , menganalisis, mendokumentasikan, memvalidasi dan mengelola persyaratan perangkat lunak atau sistem.

Persyaratannya harus:

  • Didokumentasikan
  • Bisa ditindaklanjuti
  • Terukur
  • Dapat diuji
  • Terlacak

Persyaratan harus terkait dengan kebutuhan atau peluang bisnis yang teridentifikasi, dan ditetapkan pada tingkat detail yang cukup untuk desain sistem.

Seorang Bisnis analis mengumpulkan informasi melalui pengamatan sistem yang ada, mempelajari prosedur yang ada, diskusi dengan pelanggan dan pengguna akhir. Bisnis analis juga harus memiliki keterampilan imajinatif dan kreatif. Menganalisis kebutuhan yang terkumpul untuk menemukan kekurangan dari kebutuhan sistem.

Jenis-Jenis Requirement / kebutuhan Sistem

Jenis Requirement yang paling umum dan harus diketahui seorang Bisnis analis antara lain:

Business Requirements
Business Requirements adalah reqiurement terpenting  perusahaan yang harus dilakukan untuk memenuhi tujuan  perusahaan yang harus dilakukan untuk memenuhi tujuan itu sendiri. business requirements document (BRD) menjelaskan  solusi bisnis untuk sebuah proyek termasuk dokumentasi kebutuhan dan harapan pelanggan.

User Requirements
User Requirements harus menentukan persyaratan spesifik yang diharapkan user dari proyek sistem yang akan dibangun. User Requirements harus dapat diverifikasi, jelas dan ringkas, lengkap, konsisten, terlacak, layak dilakukan.

Spesifikasi User Requirements adalah dokumen yang biasanya digunakan dalam rekayasa perangkat lunak yang menentukan apa yang diharapkan pengguna agar perangkat lunak tersebut bisa melakukan apa yang harus dilakukan.

System Requirements
System Requirements berhubungan dengan menentukan persyaratan sumber daya perangkat lunak dan prasyarat yang perlu diinstal di komputer untuk memberikan fungsi aplikasi yang optimal.

Functional Requirements
Functional Requirements  menangkap dan menentukan perilaku spesifik dari sistem yang sedang dikembangkan. Mendefinisikan hal-hal seperti perhitungan sistem, manipulasi dan pemrosesan data, antarmuka pengguna dan interaksi dengan aplikasi, dan fungsi spesifik lainnya yang menunjukkan bagaimana persyaratan pengguna terpenuhi. Tetapkan nomor ID unik untuk setiap persyaratan.

Non-Functional Requirements
Non-Functional Requirements berbicara tentang b
agaimana sistem seharusnya terlihat atau dapat disebutkan seperti "sistem harus". Persyaratan non-fungsional disebut sebagai kualitas sistem.

Transition Requirements
Transition Requirements menggambarkan kemampuan yang harus dipenuhi agar dapat memfasilitasi transisi dari keadaan perusahaan saat ini ke keadaan masa depan yang diinginkan, namun hal itu tidak akan diperlukan setelah transisi selesai.


EmoticonEmoticon