Thursday, October 19, 2017

Jenis-Jenis Jaringan Komputer

Umumnya, jaringan dibedakan berdasarkan rentang geografisnya. Sebuah jaringan bisa sekecil jarak antara ponsel Anda dan headphone Bluetooth-nya dan sama besarnya dengan internet itu sendiri, yang mencakup seluruh dunia

Personal Area Network

Personal Area Network (PAN) adalah jaringan terkecil yang sangat personal bagi pengguna. Ini mungkin termasuk perangkat berkemampuan Bluetooth atau perangkat berkemampuan infra merah. PAN memiliki jangkauan konektivitas hingga 10 meter. PAN dapat mencakup keyboard dan mouse wireless, headphone Bluetooth, printer wireless dan remote TV
contoh-personal-area-network
Contohnya, Modem wireless adalah Jaringan Area Pribadi berkemampuan wireless yang mungkin berisi lebih dari 1 koneksi secara bersamaan

Local Area Network

Jaringan komputer membentang di dalam sebuah bangunan dan dioperasikan di bawah satu sistem administratif umumnya disebut sebagai Local Area Network (LAN). Biasanya, LAN mencakup kantor organisasi, sekolah, perguruan tinggi atau universitas. Jumlah sistem yang terhubung di LAN dapat bervariasi dari 2 sd 16 juta pengguna dalam 1 jaringan.

LAN terdiri dari jaringan murah dan peralatan routing. Ini mungkin berisi server lokal yang menyajikan penyimpanan file dan aplikasi lokal lainnya. Ini kebanyakan beroperasi pada alamat IP pribadi dan tidak melibatkan perutean berat. LAN bekerja di bawah domain lokalnya sendiri dan dikendalikan secara terpusat.
contoh-local-area-network

LAN menggunakan teknologi Ethernet atau Token-ring. Ethernet adalah teknologi LAN yang paling banyak digunakan dan menggunakan topologi Star, sedangkan Token-ring jarang terlihat.

LAN dapat kabel, nirkabel, atau dalam kedua bentuk sekaligus.

Baca Juga: Teknologi Local Area Network (LAN)

Metropolitan Area Network

Metropolitan Area Network (MAN) umumnya berkembang di seluruh kota seperti jaringan TV kabel. Bisa berupa Ethernet, Token-ring, ATM, atau Fiber Distributed Data Interface (FDDI).

Metro Ethernet adalah layanan yang disediakan oleh ISP. Layanan ini memungkinkan penggunanya untuk memperluas Jaringan Area Lokal mereka. Misalnya, MAN dapat membantu sebuah organisasi untuk menghubungkan semua kantornya di kota.
contoh-metropolitan-area-network

Backbone MAN berkapasitas tinggi dan fiber optics berkecepatan tinggi. MAN bekerja di antara Local Area Network dan Wide Area Network. MAN menyediakan uplink untuk LAN ke WAN atau internet.

Contohnya adalah vendor internet seperti biznet,indihome dan vendor lainya.

Wide Area Network

Seperti namanya, Wide Area Network (WAN) mencakup area yang luas yang mungkin menjangkau seluruh provinsi dan bahkan di seluruh negara. Umumnya jaringan telekomunikasi adalah Wide Area Network. Jaringan ini menyediakan koneksi ke MANs dan LAN. Karena dilengkapi backbone dengan kecepatan sangat tinggi, WAN menggunakan peralatan jaringan yang sangat mahal.
contoh-wide-area-network

WAN dapat menggunakan teknologi canggih seperti Asynchronous Transfer Mode (ATM), Frame Relay, dan Synchronous Optical Network (SONET). WAN dapat dikelola dengan beberapa administrasi.

Internetwork

Jaringan dalam jaringan disebut internetwork , atau disebut internet. Ini adalah jaringan terbesar yang ada di planet ini. Internet sangat menghubungkan semua WAN dan dapat memiliki koneksi ke jaringan LAN dan Home. Internet menggunakan protokol TCP / IP dan menggunakan IP sebagai protokol pengalamatannya. Saat ini, Internet diimplementasikan secara luas dengan menggunakan IPv4. Karena kekurangan ruang alamat, maka secara bertahap migrasi dari IPv4 ke IPv6.

Internet memungkinkan penggunanya untuk berbagi dan mengakses sejumlah besar informasi di seluruh dunia. Menggunakan WWW, FTP, layanan email, streaming audio dan video dll. Pada tingkat yang sangat tinggi, internet bekerja pada model Client-Server.
Internet menggunakan backbone fiber optic berkecapatn tinggi. Untuk menghubungkan antar berbagai benua, serat diletakkan di bawah laut yang dikenal sebagai kabel komunikasi bawah laut.

Internet digunakan secara luas di layanan World Wide Web dengan menggunakan halaman terkait HTML dan dapat diakses oleh perangkat lunak klien yang dikenal sebagai Web Browsers. Saat pengguna meminta halaman menggunakan beberapa browser web yang ada di beberapa Server Web di manapun di dunia, Server Web merespons dengan halaman HTML yang tepat. Keterlambatan komunikasi sangat rendah.

Internet mendukung kegiatan sehari-haru seperti:

  1. Akses Websites
  2. E-mail
  3. Instant Messaging
  4. Blogging
  5. Social Media
  6. Marketing
  7. Networking
  8. Resource Sharing
  9. Streaming audio dan video


EmoticonEmoticon