Friday, October 27, 2017

Data Link Layer dalam OSI Model

pengertian-data-link-layer-osi
Data Link Layer adalah layer kedua dari OSI Layered Model. Layer ini adalah salah satu lapisan yang paling rumit dan memiliki fungsi dan kewajiban yang kompleks. Data link layer menyembunyikan detail perangkat keras dan mewakili lapisan atas sebagai media untuk berkomunikasi.

Baca Juga: Penjelasan Lengkap Layer OSI Model

Data link layer bekerja antara dua host yang terhubung langsung dalam beberapa hal. Direct connection bisa secara point to point atau broadcast. Sistem pada jaringan broadcast dikatakan berada pada jalur yang sama. Tugas data link layer cenderung menjadi lebih kompleks saat berhadapan dengan beberapa host pada single collision domain.

Data link layer bertanggung jawab untuk mengubah aliran data ke sinyal sedikit demi sedikit dan mengirimnya ke perangkat keras. Pada sisi penerima, data link layer mengambil data dari perangkat keras yang berupa sinyal listrik, merakitnya dalam format bingkai yang dikenali, dan menyerahkannya ke lapisan atas.

Lapisan data link memiliki dua sub lapisan:

  • Logical Link Control: Logical Link Control berhubungan dengan protokol, flow-control, dan error control
  • Media Access Control: Media Access Control berhubungan dengan kontrol media yang sebenarnya

Fungsi Data-link Layer

Data link layer melakukan banyak tugas untuk layer atasnya seperti:

Framing
Data link layer mengambil paket dari Network Layer dan merangkumnya menjadi Frames. Kemudian, ia mengirimkan setiap frame bit-by-bit pada perangkat keras. Pada ujung penerima, data link layer mengambil sinyal dari perangkat keras dan merakitnya menjadi frame

Baca Juga: Physical Layer dalam OSI Model

Addressing
Data link layer menyediakan mekanisme addressing lapisan-2. Hardware address diasumsikan unik pada link. Dan dikodekan menjadi perangkat keras pada saat pembuatan.

Synchronization
Saat data frame dikirim pada link, kedua mesin harus disinkronisasi agar bisa melakukan transfer.

Error Control
Terkadang sinyal mungkin mengalami masalah dalam transisi dan bitnya dibalik. Kesalahan ini terdeteksi dan dicoba untuk memulihkan bit data yang sebenarnya. Ini juga memberikan mekanisme pelaporan kesalahan kepada pengirim.

Flow Control
Stasiun pada link yang sama mungkin memiliki kecepatan atau kapasitas yang berbeda. Data link layer memastikan kontrol aliran yang memungkinkan kedua mesin untuk bertukar data dengan kecepatan yang sama.

Multi-Access

Saat host shared link untuk mentransfer data, host  memiliki probabilitas collision yang tinggi. Data link layer enyediakan mekanisme seperti CSMA / CD untuk melengkapi kemampuan mengakses media bersama di antara banyak Sistem


EmoticonEmoticon