Wednesday, September 6, 2017

Pengertian Diagram Statechart

Diagram Statechart menggambarkan State machine. State machine dapat didefinisikan sebagai mesin yang mendefinisikan keadaan benda yang berbeda dan keadaan ini dikendalikan oleh kejadian eksternal atau internal.

Activity diagram adalah diagram Statechart khusus. Seperti diagram Statechart mendefinisikan states, digunakan untuk memodelkan lifetime sebuah objek.

Manfaat Statechart Diagram

Diagram Statechart adalah satu dari lima diagram UML yang digunakan untuk memodelkan sifat dinamik suatu sistem. Mereka mendefinisikan keadaan objek yang berbeda selama masa hidupnya dan keadaan ini diubah oleh peristiwa. Diagram statechart berguna untuk memodelkan sistem reaktif. Sistem reaktif dapat didefinisikan sebagai sistem yang merespons kejadian eksternal atau internal.

Diagram Statechart menggambarkan aliran kontrol dari satu keadaan ke keadaan lain. State didefinisikan sebagai kondisi di mana suatu benda ada dan berubah saat beberapa peristiwa dipicu. Tujuan terpenting diagram Statechart adalah memodelkan lifetime sebuah aktifitas dari awal hingga akhir.

Baca Juga: Jenis-Jenis Diagram UML

Diagram statechart juga digunakan untuk teknik forward dan reverse system. Namun, tujuan utamanya adalah memodelkan sistem reaktif.

Berikut ini adalah tujuan utama penggunaan diagram Statechart:

  • Memodelkan aspek dinamik suatu sistem.
  • Memodelkan masa pakai sistem reaktif.
  • Untuk menggambarkan keadaan objek yang berbeda selama aktifitas berjalan


Bagaimana Menggambar Diagram Statechart?

Diagram statechart digunakan untuk menggambarkan keadaan benda yang berbeda dalam siklus hidupnya. Penekanan ditempatkan pada perubahan keadaan pada beberapa peristiwa internal atau eksternal. Keadaan benda-benda ini penting untuk dianalisis dan diimplementasikan secara akurat.

Sebelum menggambar diagram Statechart kita harus mengklarifikasi poinseperti:

  1. Identifikasi objek penting untuk di analisa
  2. identifikasi states
  3. identifiaksi events


Berikut ini adalah contoh diagram Statechart dimana objek state of order dianalisis

contoh-diagram_statechart
First state adalah keadaan kosong dari tempat proses dimulai. States bagian berikutnya tiba untuk event seperti send request, confirm request, dan dispatch order, Event  ini bertanggung jawab atas perubahan keadaan objek order.

Selama siklus hidup sebuah object (contoh di atas object order) , ia melewati keadaan dimana mungkin ada beberapa pintu keluar yang tidak normal. Kelonggaran abnormal ini bisa terjadi karena beberapa masalah pada sistem. Bila keseluruhan siklus hidup selesai, maka transaksi ini dianggap sebagai transaksi lengkap seperti terlihat pada gambar diatas.

Manfaat Diagram Statechart


Dari pembahasan di atas, kita bisa mendefinisikan Diagram Statechart digunakan untuk memodelkan aspek dinamik suatu sistem seperti empat diagram lainnya yang dibahas dalam tutorial ini. Namun, memiliki beberapa karakteristik pembeda untuk pemodelan sifat dinamis.

Diagram statechart mendefinisikan keadaan komponen dan perubahan keadaan ini bersifat dinamis. Tujuan spesifiknya adalah untuk menentukan perubahan state  yang dipicu oleh events. Events adalah faktor internal atau eksternal yang mempengaruhi sistem.

Jika kita melihat ke dalam implementasi praktis dari diagram Statechart, digunakan untuk menganalisis keadaan objek yang dipengaruhi oleh kejadian. Analisis ini sangat membantu untuk memahami perilaku sistem selama di eksekusi.

Berikut adalah manfaat utama dalam diagram statechart:

  1. Untuk memodelkan objek objek suatu sistem.
  2. Untuk memodelkan sistem reaktif. Sistem reaktif terdiri dari benda reaktif.
  3. Mengidentifikasi events yang bertanggung jawab atas perubahan keadaan.



EmoticonEmoticon