Wednesday, May 24, 2017

Pengertian Mobile Commerce (M-Commerce)

pengertian-mCommerce

Berikut adalah kumpulan definisi Mobile Commerce atau dikenal dengan M-Commerce dari para ahli:

  1. Mobile Commerce adalah pembelian dan penjualan barang dan jasa melalui wireless hand-held devices seperti telepon mobile (telepon seluler), personal data assistans (PDA), mp3 player, kamera digital, handheld gaming devices, dan komputer [Sojen Pradhan, 2003]
  2. Mobile commerce digambarkan sebagai transaksi apapun dengan nilai moneter yang diselenggarakan via jaringan telekomunikasi mobile [Xiaolin dan Deren, 2003]
  3. Mobile Commerce menggunakan mobile handheld devices untuk berkomunikasi, berinteraksi, dan melakukan transaksi via mobile atau jaringan wireless [Mylini dan Leang, 2002]
  4. Mobile Commerce adalah segalanya tentang wireless e-commerce yang mana mobile devices digunakan untuk melakukan bisnis pada Internet [Grosche dan Knospe, 2002]
  5. Mobile Commerce adalah pertukaran atau pembelian dan penjualan komuditas – komuditas, jasa, atau informasi pada internet dengan menggunakan mobile handheld devices [Chung, dkk, 2003]
  6. Mobile commerce didefinisikan sebagai semua kegiatan yang berhubungan dengan transaksi komersial melalui jaringan komunikasi dengan wireless devices atau mobile [Tarasewich, 2002]. Penggunaan m-commerce akan meningkatkan produktivitas dengan data berkecepatan tinggi dan mobile system yang hemat biaya [Maharramov, 2005] dan konsumen menggunakan aplikasi m-commerce pada tempat dan situasi yang berbeda [BCG, 2000]

Dari beberapa definisi yang diutarakan di atas, dapat disimpulkan, bahwa mobile commerce menjalankan bisnis utamanya seperti bisnis yang dijalankan pada e-commerce, yaitu jual beli barang atau jasa melalui internet. Yang membedakan e-commerce dengan mobile commerce adalah penggunaan mobile devices seperti telepon seluler, PDA, atau laptop dalam melakukan transaksi. Mobile device ini merupakan syarat wajib yang harus ada dalam menjalankan bisnis mobile commerce.

Baca Juga: Artikel e-Commerce Selengkapnya

Beberapa contoh Mobile commerce antara lain:

  1. Pembayaran tagihan menggunakan mobile phone atau handheld devices 
  2. Menggunakan pengenalan suara pada telepon seluler untuk membeli karcis bioskop (pengenalan suara untuk memulai transaksi pada jaringan data wireless) 
  3. Pembelian tiket penerbangan menggunakan handheld devices 
  4. Pembayaran untuk file mp3 yang di-download melalui telepon seluler dan handheld devices 
  5. Pembelian stok menggunakan telepon seluler atau handheld devices dan memulai jaringan wireless yang dihubungkan ke intranet penyalur
  6. Belanja Online di Online shoping

Perkembangan gaya hidup masyarakat luas yang menggunakan mobile device seperti telepon seluler, PDA, atau notebook untuk mengakses internet dan bertransaksi (melakukan aktivitas bisnis) menggunakan mobile device tersebut menaikkan tren penggunaan mobile internet. Mobile internet dipandang dari sisi bisnis dikenal dengan terminologi mobile business (m-business). Dari m-business ini lahirlah apa yang disebut dengan mobile commerce (m-commerce)


Keuntungan dan Kerugian M-Commerce


Beberapa keuntungan penggunaan M-Commerce yaitu : 

  1. Keuntungan – keuntungan m-Commerce meliputi kepuasan pelanggan, penghematan biaya, dan peluang bisnis baru 
  2. Bertransaksi melalui m-commerce dapat dilakukan dimana saja dengan light-weighted device 
  3. Pemilik tunggal mempunyai pengendalian atas data sedangkan mobile device dapat diselaraskan 
  4. M-Commerce dapat membawa penjual dan pembeli bersama – sama dengan mudah sehingga memungkinkan untuk mendapatkan laba yang lebih besar, dan hubungan dengan pelanggan menjadi dekat

Beberapa kerugian karena penggunaan m-commerce adalah :

  1. Mobile device tidak biasanya menawarkan grafik atau daya proses suatu PC 
  2. Layar yang kecil dari mobile device membatasi kompleksitas aplikasi 
  3. Masing – masing jaringan mempunyai pendekatan yang berbeda terhadap pemahaman m-commerce


EmoticonEmoticon