Monday, March 6, 2017

Pengertian Performance Testing

pengertian-performance-testing

Apa itu Performance Testing? Performance testing sangat krusial bagi seorang software quality assurance, Performace Testing adalah teknik pengujian non-fungsional dilakukan untuk menentukan parameter sistem dalam hal respon dan stabilitas dalam beban aplikasi/website. pengujian kinerja mengukur atribut kualitas sistem, seperti skalabilitas, kendala dan penggunaan sumber daya.

Tidak hanya fitur dan fungsi saja yang harus di test, performance testing juga sangat penting, untuk memastikan aplikasi dapat diakses dengan mudah oleh user.

Tujuan Utama dari Performance Testing adalah bukan untuk menemukan bug, tetapi untuk menghilangkan hambatan-hambatan yang mungkin membuat aplikasi tidak dapat di akses / load yang terlalu lama sehingga user malas mengakses nya.

Baca Juga: Jenis-Jenis Testing

Fokus dari Performace Testing antara lain

  • Speed : Menentukan apakah respon aplikasi cepat atau lambat
  • Scalability : Menentukan beban pengguna maksimum aplikasi.
  • Stability : Menentukan apakah aplikasi tersebut stabil di bawah beban yang bervariasi
  • Reability : Menentukan cara menghandle aplikasi apabila ada beban yang berat 

Jenis Performance Testing


  • Load Testing : untuk memeriksa kemampuan dari aplikasi dalam melakukan load aplikasi / website. gunanya agar mengatahui beban dari aplikasi / website ke database / server sehingga resource yang digunakan tidak terlalu berat
  • Stress testing : untuk memeriksa kemampuan dari aplikasi dalam menerima trafic dari luar, gunanya agar aplikasi/website tidak down saatnya banyak user yang mengakses aplikasi / website tersebut.
  • Endurance Testing : untuk menentukan parameter sistem di bawah beban yang diharapkan terus menerus. Selama Endurance Testing penggunaan memori dipantau untuk mendeteksi kebocoran memori atau masalah kinerja lainnya. Tujuan utama adalah untuk menemukan kinerja sistem dalam penggunaan berkelanjutan.
  • Spike testing : pengujian Spike dilakukan dengan meningkatkan jumlah pengguna tiba-tiba dengan jumlah yang sangat besar dan mengukur kinerja sistem. Tujuan utama adalah untuk menentukan apakah sistem akan mampu mempertahankan beban kerja.

Jenis Permasalahan Performance Aplikasi


  • Long Load time - Aplikasi/website tidak mungkin untuk melakukan loading di atas satu menit, load time harus di bawah 10 detik jika memungkinkan.
  • Poor scalability - Performance aplikasi bisa dibilang gagal apabila aplikasi tersebut tidak dapat menampung beban yang sangat berat, sehingga aplikasi itu bisa "down", maka dari itu performance testing  harus dilakukan untuk memastikan aplikasi dapat menangani jumlah diantisipasi pengguna.
  • Bottlenecking - Kemacetan yang penghalang dalam sistem yang menurunkan kinerja sistem secara keseluruhan. Bottlenecking adalah ketika salah coding kesalahan atau masalah hardware menyebabkan penurunan throughput bawah beban tertentu.

Performance Testing Process

performance-testing-proses
  1. Identify your testing environment - Memahami rincian konfigurasi hardware, software dan jaringan yang digunakan selama pengujian sebelum Anda memulai proses pengujian. Ini akan membantu penguji membuat tes yang lebih efisien. Ini juga akan membantu mengidentifikasi kemungkinan hambatan pada saat testing
  2. Identify the performance acceptance criteria - Hal ini juga diperlukan untuk mengidentifikasi kriteria keberhasilan proyek di luar tujuan dan kendala. Penguji harus menetapkan kriteria kinerja dan tujuan karena sering spesifikasi proyek tidak akan mencakup cukup berbagai tolok ukur kinerja.
  3. Plan & design performance tests - Membuat test plan untuk mengidentifikasi semua pengujian yang akan di lakukan
  4. Configuring the test environment - Mempersiapkan lingkungan pengujian sebelum eksekusi. Juga, mengatur alat dan sumber daya lainnya.
  5. Implement test design - Membuat Scenario test sesuai dengan design
  6. Run the tests - Eksekusi test
  7. Analyze, tune and retest - Melakukan analis dari hasil test, untuk melihat apakah ada peningkatan atau penurunan kinerja aplikasi. Sehingga dapat menentukan apa yang harus ditingkatan dari sebuah aplikasi

Performance Testing Tools


Referensi : 
http://www.guru99.com/performance-testing.html
https://www.tutorialspoint.com/software_testing_dictionary/performance_testing.htm


EmoticonEmoticon