Sunday, March 5, 2017

Pengertian dari Unit Testing

pengertian-unit-testing

Apa itu Unit Testing? Unit Testing adalah pengujian sebuah fungsi, kelas, interface, prosedur dari sebuah aplikasi yang bersifat code. Unit Testing adalah sebuah metode yang masing-masing unit dari kode diuji untuk menentukan apakah fungsi dari kode-kode tersebut berjalan dengan baik atau tidak.
  • Unit Testing biasanya dibuat oleh programmer untuk memastikan kode yang dibuatnya memenuhi persyaratan dan sesuai yang diharapkan.
  • Tujuan dari Unit testing adalah untuk memisahakan setiap bagian dari kode program tersebut agar lebih mudah dalam debug apabila ada bug
  • Unit testing pada dasarnya dilakukan sebelum integrasi
  • Metode pengujian yang digunakan unit testing adalah White Box Testing


Manfaat dari Unit Testing Antara lain:


  • Masalah dapat ditemukan pada tahap awal. Sejak unit testing dilakukan oleh seorang developerdiaman merekan menguji bagian dari kodenya. oleh karena itu permasalahan dapat ditemukan sangat awal dan dapat diselesaikan oleh saat itu juga.
  • Unit testing membantu dalam mempertahankan/mengubah kode apabila ada perubahan dari aplikasi tersebut. hal ini dimungkinandengan membuat kode yang kurang, sehingga unti testing dapat dieksekusi. Sehingga memudahkan developer/programmer kedepanya.
  • Bug yang ditemukan saat unit testing juga membantu dalam biaya perbaikan bug/bug fixing. Bayangkan saja jika biaya bug yang ditemukan selama tahap akhir pembangunan sangat banyak, sehingga sangat memakan biaya untuk merubahnya apabila kita tidak mengetahui dari awal bug tersebut.
  • Unit Testing membantu dalam menyederhanakan proses debugging. Jika anggaplah tes gagal maka hanya Perubahan terakhir dibuat dalam kode.
  • Dan yang terakhir adalah waktu yang dibutuhkan dalam pengerjaan/maintenance sebuah aplikas tersebut lebih cepat dan efisien


Framework Unit Testing

Dalam melakukan Unit Testing diperlukan Framework / tools yang agar mempermudah dalam melakukan unit testing, Framework disini pun dibagi berdasarkan Bahasa pemograman yang digunakan. Berikut List Framework yang sering digunakan

PHP: 
PHPUnit : Menghasilkan XML, laporan HTML dengan kode cakupan
PHP Unit Testing Framework : Menghasilkan ASCII, XML atau output XHTML dan berjalan dari baris perintah.
SimpleTest : Unit testing untuk PHP dan web.

Java
TestNG : dapat mencakup unit test, tes fungsional, dan tes integrasi. Memiliki fasilitas untuk membuat bahkan tidak ada-fungsional tes (sebagai tests loading, tes waktunya)

Untuk lebih lengkapnya bisa dilihat list frameworknya di wikipedia.


EmoticonEmoticon