Wednesday, March 1, 2017

Pengertian dari Information Technology (IT) / Teknologi Informasi

IT (Information Technology) atau TI (Teknologi Informasi)  adalah bagian dari istilah dalam dunia SI (Sistem Informasi) atau IS (Information System). Istilah TI sendiri lebih merujuk pada teknologi yang digunakan dalam menyampaikan maupun mengolah informasi, namun pada dasarnya masih merupakan bagian dari sistem informasi itu sendiri. TI secara mudah dapat dipahami sebagai pengolahan informasi yang berbasis pada teknologi komputer dan karenanya terkait erat dengan perkembangan teknologi komputasi.

Information technology (teknologi informasi) adalah istilah untuk mendeskripsikan teknologi-teknologi yang memungkinkan manusia untuk :
• mencatat (record)
• menyimpan (store)
• mengolah (process)
• mengambil kembali (retrieve)
• mengirim (transmit)
• menerima (receive) informasi

Menurut UU No.12 Th 2002, Teknologi adalah cara atau metode serta proses atau produk yang dihasilkan dari pemanfaatan berbagai disiplin ilmu pengetahuan yang menghasilkan nilai bagi pemenuhan kebutuhan, kelangsungan dan peningkatan mutu kehidupan manusia. Sedangkan DIKTI mendefinisikan sebagai ilmu terapan yang telah dikembangkan lebih lanjut meliputi perangkat keras (hadware) maupun perangkat lunak (software) melalui kegiatan penelitian dan pengembangan.

Sedangkan menurut Gordon B Davis :
”Information is data that has been processed into a form that is meaningful to the recipient and is of real or perceived value in current or perspective decisions”. Burch dan Stater : “Information is the aggregation of processing of data to give knowledge or intelligence”. George R. Tery, PhD : “Information is meaningful data that conveys usable knowledge”.
Kesimpulanya informasi sendiri didefinisikan sebagai data yang berguna (relevan) bagi user atau data yang telah diolah menjadi bentuk yang berguna bagi user. Perlu diperhatikan bahwa yang dapat disebut sebagai informasi adalah data yang telah diolah menjadi bentuk yang berguna, tidak hanya sekedar memiliki arti.

Misalnya: informasi “1,3 meter”. 1,3 meter jelas memiliki arti sebagai satu koma tiga satuan panjang yang bernama “meter”, namun tidak begitu berguna bagi orang yang menginginkannya dalam satuan “sentimeter”. Dengan demikian “1,3 meter” tersebut harus diolah kembali agar menjadi berguna bagi orang yang memerlukannya. Misalnya dengan menyodorkan pada orang
tersebut konversi satuan meter ke sentimeter, bahwa “1 meter” adalah sama dengan “100 sentimeter” sehingga kita bisa memberikan kepadanya angka “130 sentimeter”. Informasi tersebut kini menjadi berguna bagi orang yang menginginkan informasi dalam satuan “sentimeter”.

Perbedaan antara informasi dan data, misalnya:
• data/raw data: 8001, kudus, 600Mb/s, STM, ….
• Informasi = data yang terstruktur hasil olahan, contoh:
contoh-informasi

Sebelum data dapat disebut sebagai informasi yang relevan, maka harus dilakukan proses pengolahan terlebih dahulu.
data-informasi

Adapun komponen IT (Information Technology) sendiri adalah:
• Hadware (HW) : CPU, memory, I/O device, interconnector
• Software (SW) : OS, package application, user application
• Firmware (FW) : instruksi disimpan permanen dalam ROM
• Brainware (BW) : end user, programmer, analyst, manager, DBA
• Infoware (IW) : user manual, SOP, cyber law

1 comments so far


EmoticonEmoticon