Thursday, February 9, 2017

Pengertian Hard Disk / Memori Komputer

pengertian-hardisk
Pengertian dari Hard Disk / Memori merupakan satu elemen pendukung di dalam komputer, untuk menyimpan data dan program hardisk bersifat menyimpan data secara permanen dan tidak akan hilang walaupun komputer dimatikan dan data–data yang ada dalam hardisk akan tetap ada, kecuali dihapus secara manual atau hardisk rusak karena gagal membaca data.

Cara Kerja Hard Disk / Memori


Bagaimana Cara kerja hard Disk dalam menyimpan data-data? Setiap kali prosesor melakukan eksekusi, pemroses harus membaca instruksi dari memori utama. Agar eksekusi dapat dilakukan secara cepat maka harus diusahakan instruksi tersedia di memori pada hirarki berkecepatan akses lebih tinggi. Kecepatan eksekusi ini akan meningkatkan kinerja sistem. Untuk itu terdapat konsep memori dua level, yaitu ditampung dulu sementara di memori pada hirarki lebih tinggi.

Konsep ini diimplementasikan antara lain berupa:

  • Chace memory, memori berkapasitas terbatas, berkecepatan tinggi yang lebih mahal daripada memori utama. Chace memori ada di antara memori utama dan register pemroses, berfungsi agar pemroses tidak langsung mengacu memori utama agar kinerja dapat ditingkatkan.
  • Buffering, bagian memori utama yang dialokasikan untuk menampung data yang akan ditransfer dari atau ke penyimpan sekunder. Buffering dapat mengurangi frekuensi pengaksesan ke perangkat penyimpan sekunder sehingga meningkatkan kinerja sistem.

Baca Juga: Komponen Utama dalam Komputer

Jenis - Jenis Hardisk


Secara umum jenis hardisk / memori dibagi menjadi 2 tipe: Internal dan External.

  1. Hard Disk internal merupakan  perangkat penyimpanan   dan juga untuk pengambilan data digital  dengan cepat menggunakan cakram  berputar.  Harddisk ini akan menyimpan data secara permanen sekalipun komputer atau laptop dimatikan.  Perangkat keras pada  harddisk ini berupa cakram  yang berputar dengan cepat  untuk menulis sekaligus membaca  data. Karakteristik pada  harddisk internal ini adalah  pada kecepatan maupun kapasitasnya  yang semakin besar   namun harganya semakin murah.  Sekalipun saat ini  sudah  banyak  perkembangan teknologi untuk penyimpanan memory menggunakan  format SSD  namun keberadaan harddisk internal tetap banyak dibutuhkan. 
  2. Hard Disk eksternal merupakan media penyimpanan portable  yan memiliki kapasitasn besar sehingga bisa digunakan  kapan saja  dengan menghubungkan kabel USB pada PC  atau laptop.  Ada cukup banyak harddisk  eksternal yang bisa digunakan dan harddisk eksternal ini bisa digunaka untuk menyimpan dokumen, gambar,music maupun video.  Kapasitas  data yang dibutuhkan untuk penyimpanan  dokumen dalam bentuk tulisan tentu sangan kecil,  untuk gambar lebih besar demikian juga dengan musik,  dan untuk penyimpanan video,  kapasitas daya yang dibutuhkan sangat besar sehingga harddisk eksternal bisa  berkurang kapasitasnnya jika sering digunakan untuk penyimpanan  video




EmoticonEmoticon