Monday, November 21, 2016

Definisi dan Jenis System Requirements

definisi-system-req
System requirements merupakan spesifikasi-spesifikasi yang mendefinisikan fungsi-fungsi yang harus dimiliki oleh sistem informasi yang akan dibangun. System requirements sendiri terbadi menjadi 2, yaitu:

1. Functional requirements, merupakan requirements (kebutuhan-kebutuhan) yang mendeskripsikan aktivitas-aktivitas ataupun proses-proses yang harus dimiliki dan dijalankan oleh sistem yang akan dibangun. Contohnya seperti requirements untuk meng-handle proses bisnis penjualan, aktivitas penghitungan gaji karyawan, dan sebagainya.

2. Non functional requirements, merupakan karakteristik-karakteristik, di luar dari aktivitas-aktivitas yang harus di-support oleh sistem, yang harus dimiliki oleh sistem yang akan dibangun, seperti technology, performance, usability, reliability, dan security. Berikut adalah penjelasan dari masing-masingnya:
  • Technical requirement, merupakan kebutuhan teknis ataupun spesifikasi dari perangkat-perangkat (hardware, software, network, etc.) yang dibutuhkan dalam mengembangkan sistem informasi yang akan dibangun.
  • Performance requirement, merupakan kebutuhan terhadap kinerja sistem secara keseluruhan, contohnya seperti berapa banyak transaksi yang harus dapat di-handle oleh sistem pada satu waktu, kemudian bagaimana processing time dan response time untuk masing-masing transaksinya, dan sebagainya
  • Usability requirement, merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi oleh sistem agar sistem tersebut dapat sesuai dengan kebutuhan kerja serta mudah digunakan oleh pemakai, misalkan sistem tersebut memiliki instruksi-instruksi yang memandu pengguna apabila salah melakukan input, dan sebagainya.
  • Reliability requirement, merupakan kebutuhan terhadap hasil ataupun output yang dikeluarkan oleh sistem. Sistem yang akan dibangun harus memiliki kemampuan untuk menghasilkan output secara tepat dan sesuai dengan harapan dari input-an yang diberikan oleh user, di samping sistem dituntut untuk selalu memberikan konsistensi yang tinggi terhadap kinerjanya.
  • Security requirement, merupakan kebutuhan keamanan dari penggunaan sistem yang akan dibangun. Contohnya seperti adanya hak akses yang berbeda untuk setiap orang, ataupun kemampuan sistem untuk selalu me-record setiap data transaction yang terjadi, sehingga apabila terjadi penyelewangan terhadap penggunaan sistem, sistem mampu melakukan penelusuran terhadap kejadian tersebut.


EmoticonEmoticon