Thursday, October 5, 2017

Pengertian Functional Requirements Document

Functional Requirements Document (FRD) adalah pernyataan formal dari persyaratan fungsional aplikasi untu seorang bisnis analis. Tujuan dokumen ini sama seperti dokumen kontrak project. Disini, para developer sepakat untuk memberikan kemampuan yang ditentukan. Client setuju untuk menggunakan jasa developer untuk membuat suatu produk dengan spesifikasi tertentu, dan semua tercantum di Functional Requirements Document.

Functional Requirements Document mengcapture kebiasaan dan flow-flow suatu sistem. kebiasaan  ini dapat dinyatakan sebagai layanan, tugas atau fungsi yang harus dilakukan sistem. Dokumen harus disesuaikan agar sesuai dengan kebutuhan proyek tertentu. Mereka mendefinisikan hal-hal seperti perhitungan sistem, manipulasi dan pengolahan data, user interface dan interaksi aplikasi-pengguna.

Karakteristik Functional Requirements Document

Functional Requirements Document Memiliki Karakteristik seperti berikut:

  1. Menunjukkan bahwa aplikasi memberikan nilai dalam hal tujuan bisnis dan proses bisnis dalam beberapa tahun ke depan.
  2. Berisi satu set lengkap persyaratan untuk aplikasi. Tidak ada tempat bagi siapapun untuk mengasumsikan apapun yang tidak tercantum dalam FRD.
  3. ERD adalah pernyataan tentang apa aplikasi yang harus dilakukan - bukan cara kerjanya. FRD tidak membuat para developer merancang. Oleh karena itu, referensi tentang penggunaan teknologi tertentu sama sekali tidak sesuai dalam FRD.

Functional Requirements Document harus mencakup hal sebagain berikut:
  1. Deskripsi data yang akan dimasukkan ke dalam sistem
  2. Deskripsi operasi yang dilakukan oleh setiap layar di dalam sistem
  3. Deskripsi alur kerja yang dilakukan oleh sistem
  4. Deskripsi laporan sistem atau output lainnya
  5. Siapa yang bisa memasukkan data ke dalam sistem?
  6. Bagaimana sistem memenuhi persyaratan peraturan yang berlaku?

Functional Requirements Document  dirancang untuk dibaca oleh khalayak umum. Pembaca harus memahami sistemnya, tidak membutuhkan pengetahuan teknis untuk memahami dokumen ini.

Baca JugaTips Menjadi Bisnis Analis

Functional Requirements Deliverables

Business Requirements Document (BRD) terdiri dari:
  • Functional Requirements − Dokumen yang berisi persyaratan rinci untuk sistem yang sedang dikembangkan. Persyaratan ini menentukan fitur dan kemampuan fungsional yang harus dimiliki sistem. Pastikan asumsi dan batasan apa pun yang teridentifikasi selama Kasus Bisnis masih akurat dan terbaru.
  • Business Process Model − Model keadaan proses saat ini atau konsep tentang proses apa yang harus menjadi 
  • System Context Diagram − Diagram Konteks menunjukkan batasan sistem, entitas eksternal dan internal yang berinteraksi dengan sistem, dan arus data yang relevan antara entitas eksternal dan internal ini.
  • Flow Diagrams (as-is or to-be) − Diagram secara grafis menggambarkan urutan operasi atau pergerakan data untuk proses bisnis. Satu atau lebih diagram alir disertakan tergantung pada kompleksitas model.
  • Business Rules dan Data Requirements − Aturan bisnis menentukan atau membatasi beberapa aspek bisnis dan digunakan untuk menentukan batasan data, nilai default, rentang nilai, kardinalitas, tipe data, perhitungan, pengecualian, elemen yang dibutuhkan dan integritas relasional data.
  • Data Models − Entity Relationship Diagram, Entity Descriptions, Class Diagrams
  • Conceptual Model - Tampilan tingkat tinggi entitas yang berbeda untuk fungsi bisnis dan bagaimana kaitannya satu sama lain.
  • Logical Model − Mengilustrasikan entitas, atribut, dan hubungan spesifik yang terlibat dalam fungsi bisnis dan mewakili semua definisi, karakteristik, dan hubungan data dalam lingkungan bisnis, teknis, atau konseptual.
  • Data Dictionary dan Glossary − Kumpulan informasi terperinci mengenai elemen data, field, tabel dan entitas lainnya yang terdiri dari model data yang mendasari database atau sistem manajemen data sejenis.
  • Stakeholder Map − Mengidentifikasi semua pemangku kepentingan yang terpengaruh oleh perubahan yang diusulkan dan tingkat pengaruh / otoritas mereka untuk persyaratan.
  • Requirements Traceability Matrix − Tabel yang menggambarkan hubungan logis antara persyaratan fungsional individual dan jenis artefak sistem lainnya, termasuk Persyaratan Fungsional, Use-cases / User Stories, Elemen Arsitektur dan Desain, Modul Kode, Kasus Uji, dan Aturan Bisnis.
Berikut Template FRD lebih lengkapnya Sumber


EmoticonEmoticon