Thursday, October 26, 2017

Application Layer dalam OSI Model

application-layer-dalam-osi-model
Application layer adalah layer paling  atas pada OSI model dan TCP / IP layer model. Application Layer ada di kedua Model berlapis (Presentasion dan Session Layer) karena mempunyai peran yang signifikan, dimana berinteraksi dengan pengguna dan aplikasi pengguna. Layer ini untuk aplikasi yang terlibat dalam sistem komunikasi.

Baca Juga: Penjelasan Lengkap OSI Model

Pengguna mungkin akan berinteraksi langsung dengan aplikasi. Application layer adalah tempat komunikasi sebenarnya dimulai dan di pantulkan. Karena layer ini ada di bagian atas OSI Model, layer ini tidak berfungsi pada layer lainya. Application layer mengambil bantuan Transport Layer dan semua layer dibawahnya untuk berkomunikasi atau mentransfer datanya ke remote host.

Ketika sebuah protokol application layer ingin berkomunikasi dengan protokol application layer lainya atau remote host, layer ini menyerahkan data atau informasi ke transport layer. Transport layer melakukan sisanya dengan bantuan semua layer di bawahnya.

Banyak perbedaan dalam memahami Application Layer dan protokolnya. Tidak semua user application bisa dimasukkan ke dalam Application Layer. kecuali aplikasi yang berinteraksi dengan sistem komunikasi. Misalnya, merancang software atau text-editor tidak bisa dianggap sebagai program aplikasi layer.

Baca Juga:
Transport Layer dalam OSI Model

Di sisi lain, saat kita menggunakan Web Browser, yang sebenarnya menggunakan Hyper Text Transfer Protocol (HTTP) untuk berinteraksi dengan jaringan. HTTP adalah protokol Application Layer.

Contoh lainnya adalah File Transfer Protocol, yang membantu pengguna untuk mentransfer file berbasis teks atau biner di seluruh jaringan. Pengguna dapat menggunakan protokol ini di perangkat lunak berbasis GUI seperti FileZilla atau CuteFTP dan pengguna yang sama dapat menggunakan FTP dalam mode Command Line.

Oleh karena itu, terlepas dari perangkat lunak mana yang Anda gunakan, protokol inilah yang dianggap pada Application Layer yang digunakan oleh perangkat lunak itu. DNS adalah protokol yang membantu protokol user application seperti HTTP untuk menyelesaikan pekerjaannya.


EmoticonEmoticon