Wednesday, September 20, 2017

Pengertian String dalam Bahasa Pemrograman

Dalam pembahasan tentang Character,  kita mengetahui bahwa tipe data karakter berhubungan dengan satu karakter dan Anda dapat menetapkan karakter apapun dari keyboard Anda ke variabel tipe karakter. Sekarang, mari kita mempertimbangkan situasi di mana kita perlu menyimpan lebih dari satu karakter dalam variabel. Kita telah melihat bahwa pemrograman C tidak memungkinkan untuk menyimpan lebih dari satu karakter dalam variabel tipe karakter. Jadi pernyataan berikut tidak valid dalam pemrograman C dan menghasilkan kesalahan sintaks
char ch1 = 'ab';
char ch2 = '10';
Kita juga telah melihat bagaimana menggunakan konsep array untuk menyimpan lebih dari satu nilai tipe data sejenis dalam sebuah variabel. Berikut adalah sintaks untuk menyimpan dan mencetak lima angka dalam array tipe int
main() {

   int number[5] = {10, 20, 30, 40, 50};
   int i = 0;
        
   while( i < 5 ) {
      printf("number[%d] = %d\n", i, number[i] );
      i = i + 1;
   }
}
Outputnya adalah:
number[0] = 10
number[1] = 20
number[2] = 30
number[3] = 40
number[4] = 50


Dari contoh di atas, anda akan mengerti bagaimana string bekerja dalam pemrograman C, karena string dalam C diwakili sebagai array karakter. Pemrograman C menyederhanakan tugas dan mencetak String Mari kita lihat contoh lainya:
#include <stdio.h>

main() {

   char ch[5] = "Hello";
   int i = 0;
    
   /* Print as a complete string */
   printf("String = %sn", ch);  

   /* Print character by character */
   while( i < 5 ) {
      printf("ch[%d] = %cn", i, ch[i] );
      i = i + 1;
   }
}

Di sini, kita menggunakan% s untuk mencetak nilai string penuh menggunakan nama array ch, yang sebenarnya merupakan awal dari variabel.

Baca Juga: Tutorial Dasar Bahasa Pemrograman

Meskipun tidak terlihat dari contoh di atas, sebuah program C secara internal menetapkan karakter null '\ 0' sebagai karakter terakhir dari setiap string. Ini menunjukkan akhir dari string dan itu berarti jika Anda ingin menyimpan string 5 karakter dalam sebuah array, maka Anda harus mendefinisikan ukuran array 6 Outputnya adalah:
String = Hello
ch[0] = H
ch[1] = e
ch[2] = l
ch[3] = l
ch[4] = o

Konsep Dasar String

Berdasarkan pembahasan di atas, kita dapat menyimpulkan hal-hal penting berikut tentang string dalam bahasa pemrograman C :
  1. String dalam C diwakili sebagai array karakter.
  2. Kita bisa membentuk sebuah string dalam pemrograman C dengan menugaskan karakter demi karakter ke dalam array karakter.
  3. Kita bisa membentuk sebuah string dalam pemrograman C dengan menugaskan sebuah string lengkap yang disertakan dalam double quote
  4. Kita bisa mencetak karakter string dengan karakter menggunakan subskrip array atau string lengkap dengan menggunakan nama array tanpa subskrip.
  5. Karakter terakhir dari setiap string adalah karakter null, yaitu, '\ 0'.
  6. Sebagian besar bahasa pemrograman menyediakan fungsi built-in untuk memanipulasi string, misalnya, Anda dapat menggabungkan string, Anda dapat mencari dari sebuah string, Anda dapat mengekstrak sub-string dari string, dll. Untuk lebih lanjut, Anda dapat memeriksa tutorial terperinci tentang Pemrograman C atau bahasa pemrograman lainnya.

Strings dalam bahasa Java

Meskipun Anda dapat menggunakan array karakter untuk menyimpan string, namun Java adalah bahasa pemrograman tingkat lanjut dan para perancangnya berusaha memberikan fungsionalitas tambahan. Java menyediakan string sebagai tipe data built-in seperti tipe data lainnya. Ini berarti Anda dapat menentukan string secara langsung, bukan mendefinisikannya sebagai array karakter.
Berikut adalah contoh nya:
public class DemoJava {
    
   public static void main(String []args) {
 
      String str = new String("Hello");  
 
      System.out.println( "String = " + str );
   }
}
Outputnya adalah:
number[0] = 10
String = Hello

Strings dalam bahasa Python

var1 = 'Hello World!'
var2 = "Python Programming"

print "var1 = ", var1
print "var2 = ", var2
Outputnya adalah:
var1 =  Hello World!
var2 =  Python Programming

Python tidak mendukung tipe karakter; Ini diperlakukan sebagai string, sehingga juga dianggap sebagai substring. Untuk mengakses substring, gunakan tanda kurung siku untuk mengiris beserta indeks
var1 = 'Hello World!'
var2 = "Python Programming"

print "var1[0]: ", var1[0]
print "var2[1:5]: ", var2[1:5]
Outputnya adalah:
var1[0]:  H
var2[1:5]:  ytho


EmoticonEmoticon