Thursday, June 15, 2017

Pengertian Search Engine Optimization (SEO)

pengertian-seo-search-engine-optimization
SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization. SEO adalah suatu tehnik untuk mengoptimalkan sebuah website di dalam search engine (google,yahoo,bing,dll). SEO adalah suatu teknik untuk:

  • Merancang dan mengembangkan situs web agar mendapat peringkat yang bagus dalam hasil search engine.
  • Meningkatkan traffic organic ke website anda dari search engine.
  • Pemasaran dengan memahami bagaimana algoritma pencarian orang-orang yang suka menggunakan search engine, dan apa yang mungkin dicari oleh  visitor/pengunjung website

SEO adalah bagian dari pemasaran search engine. SEO juga disebut SEO copyrighting, karena sebagian besar teknik yang digunakan untuk mempromosikan situs di search engine, berhubungan dengan teks.

Jika Anda berencana untuk melakukan SEO dasar, penting bagi Anda untuk memahami bagaimana mesin pencari bekerja.

Baca Juga: Kumpulan Artikel SEO (Search Engine Optimization)

Bagaimana Search Engine Bekerja?

Search engine melakukan beberapa aktivitas untuk memberikan hasil pencarian antara lain:

  • Crawling/Perayapan - Proses pengambilan semua halaman web yang terhubung ke situs web. Tugas ini dilakukan oleh perangkat lunak, disebut crawler atau spider (atau Googlebot, jika terjadi Google).
  • Indexing/Pengindeksan - Proses membuat indeks untuk semua halaman web yang diambil dan menyimpannya ke database raksasa dari tempat yang nantinya bisa diambil. Intinya, proses pengindeksan adalah mengidentifikasi kata dan ungkapan yang paling menggambarkan sebuah halaman dan menemukan kata kunci di halaman itu sendiri.
  • Processing/Pengolahan - Saat permintaan pencarian masuk, search engine  akan memprosesnya, yaitu membandingkan string pencarian dalam permintaan pencarian dengan halaman yang diindeks dalam database.
  • Calculating Relevancy/Menghitung Relevansi - Kemungkinan lebih dari satu halaman berisi string pencarian, sehingga mesin pencari mulai menghitung relevansi masing-masing halaman dalam indeksnya ke string pencarian.
  • Retrieving Results/Mengambil Hasil - Langkah terakhir dalam aktivitas search engine adalah mengambil hasil terbaik yang sesuai. Search engine akan memfilter halaman mana saja yang bisa menjadi peringkat pertama berdasarkan point-point sebelumnya

Search engines  seperti Google dan Yahoo! Sering memperbarui algoritma relevansi mereka puluhan kali per bulan. Bila Anda melihat perubahan dalam rangking Anda, ini disebabkan adanya pergeseran algoritmik atau sesuatu yang lain di luar kendali Anda(keputusan search engine itu sendiri)

Jika halaman anda masuk ke halaman pertama dalam sebuah search engine bisa dipastikan traffic/visitor di website anda akan melimpah, dikarenakan kebanyakan pengunjung menggunakan search engine hanya sebatas page pertama saja, apabila di halaman pertama dia sudah mendapat jawaban apa yang visitor ingin cari.

Apa itu SEO Copywriting?


SEO Copywriting adalah teknik penulisan teks yang dapat dilihat pada halaman web sedemikian rupa sehingga mudah dibaca oleh surfer, dan juga menargetkan istilah pencarian tertentu. Tujuannya adalah untuk memberi peringkat tinggi di mesin pencari untuk istilah pencarian yang ditargetkan.

Seiring dengan teks terlihat, copywriting SEO biasanya mengoptimalkan elemen on-page lainnya untuk istilah pencarian yang ditargetkan. Ini termasuk title/judul, deskripsi, tag kata kunci/keyword, dan teks alternatif


Apa itu On-Page and Off-page SEO?


Secara konseptual, ada dua cara optimasi:

SEO On-Page - Ini termasuk menyediakan konten yang bagus, pemilihan kata kunci yang baik, meletakkan kata kunci di tempat yang benar, memberikan judul yang sesuai untuk setiap halaman, dll.

SEO Off-Page - Ini mencakup link building, meningkatkan rank halaman dengan mengirimkan ke direktori untuk mendapatkan backlink, mesin telusur, link exchange, dll.

Apa itu Search Engine Rank?

Bila Anda mencari kata kunci apapun dengan menggunakan mesin pencari, ini akan menampilkan ribuan hasil yang ditemukan di database-nya. Peringkat halaman diukur dengan posisi halaman web yang ditampilkan di hasil mesin pencari. Jika mesin pencari meletakkan halaman web Anda pada posisi pertama, maka peringkat halaman web Anda akan menjadi nomor 1 dan akan dianggap sebagai halaman dengan peringkat tertinggi.

SEO adalah proses perancangan dan pengembangan website untuk mendapatkan rangking tinggi dalam hasil search engine


EmoticonEmoticon