Friday, March 24, 2017

Konsep Dasar Internet

konsep-dasar-internet
Internet singkatnya memiliki 3 Konsep dasar yaitu: URL (Uniform Resource Locator), Protokol Transfer, DNS (Domain Names System)

Internet sendiri berasal dari kepanjangan nama Interconnected Network adalah sebuah sistem komunikasi yang global, untuk menghubungkan komputer dan jaringan komputer di seluruh dunia. Setiap komputer dan jaringan terhubung secara langsung ataupun tidak langsung ke beberapa jalur utama yang disebut internet backbone dan dibedakan satu dengan yang lainnya menggunakan unique name yang biasa disebut dengan alamat IP 32 bit. Contoh: 202.155.4.230.

Komputer dan jaringan dengan berbagai platform yang mempunyai perbedaan dan ciri khas masing - masing (Unix, Linux, Windows, Mac, dan lain-lain) bertukar informasi dengan sebuah protokol standar yang dikenal dengan nama TCP/IP (Transmission Control Protocol / Internet Protocol). TCP/IP tersusun atas 4 layer ( network access, internet, host-to-host transport dan application ) yang memiliki protokolnya sendiri-sendiri.

Baca Juga: Perkembangan Sejarah Internet

URL (Uniform Resource Locator)

URL adalah salah satu konsep dasar internet dimana URL merupakan suatu sarana yang digunakan untuk menentukan lokasi informasi pada suatu Web Server. URL diibaratkan sebagai suatu alamat, dimana alamat tersebut terdiri dari:

  • Protokol yang digunakan oleh suatu browser untuk mengambil informasi. 
  • Nama dari komputer dimana informasi tersebut tersedia. 
  • Path serta nama file dari suatu informasi.

Format umum URL :
Protokol_transfer://nama_host/path/nama_file

Protokol Transfer

Protokol transfer adalah salah satu konsep dasar internet, dimana protok transfer merupakan suatu protokol yang digunakan untuk pengiriman informasi di internet. 
  • HTTP adalah salah satu protokol transfer yang merupakan standar untuk suatu dokumen web. Selain protokol HTTP, dalam internet juga dikenal beberapa protokol lain diantaranya adalah
  • HTTP (Hypertext Transfer Protocol) protokol yang menentukan aturan yang perlu diikuti oleh Web Browser dalam meminta atau mengambil suatu dokumen dan oleh Web Server dalam menyediakan dokumen yang diminta web browser. Protokol ini merupakan protokol standar yang digunakan untuk mengakses dokumen HTML.
  • FTP (File Transfer Protocol), protokol ini untuk mengunduh (download) dan mengunggah (upload) suatu file di FTP server. Dengan hal ini kita dapat bertukar file dengan cepat. Pada saat ini banyak program atau software yang bebas untuk di download dari manapun di Internet.
  • Telnet, protokol yang digunakan untuk login ke suatu server komputer. Telnet memungkinkan kita dapat mengakses komputer yang letaknya jauh dari komputer kita.
  • SSH (Secure Shell) didesain untuk menggantikan telnet dengan kelebihan dalam keamanan, beroperasi melalui TCP dan menyediakan autentifikasi dan komunikasi yang aman.


DNS (Domain Names System)

Dan konsep dasar internet terakhir adalah DNS. Komputer-komputer di internet menggunakan suatu format penamaan standar untuk mempermudah pengelolaan server komputer di internet yang berkembang dengan cepat. Sistem penamaan server komputer ini adalah Domain Names System (DNS). DNS membuat suatu tingkat-tingkat domain, yang merupakan kelompok komputer-komputer yang terhubung ke internet. Berikut Contoh DNS yang ada sekarang

Nama Domain
Jenis Organisasi
Com
Organisasi komersial
edu, ac.id
Lembaga Pendidikan
gov, go.id
Lembaga Pemerintah
int
Lembaga Internasional
Mil
Organisasi militer
net
Provider internet
org
Organisasi umum


EmoticonEmoticon